Bupati Luwu Timur Pernah Guru, Siswa Wajib Bisa Bahasa Inggris

Masambanews, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan (Sulsel), Drs. H.Budiman, M.Pd meminta para semua guru di Bumi Batara Guru julukan Kabupaten Lutim, agar siswanya bisa berbahasa Inggeris.

Hal itu disampaikan Bupati Lutim saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Dinas Pendidikan La Besse bersama para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMP Negeri se Luwu Timur di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Jumat 23 April 2021.

Karena bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa lagi dihindari, terlebih di era globalisasi sekarang ini.

“Sekarang bahasa Inggris di tingkat sekolah merupakan salah satu mata pelajaran. Tapi hendaknya dengan mata pelajaran itu para siswa yang sejatinya generasi penerus harus menguasai bahasa Inggris, sehingga nantinya mampu bersaing di era globalisasi,” ujar Bupati Lutim yang juga pernah guru, saya juga pernah mengajar.

Jadi secara umum saya pahsm apa yang menjadi kebutuhan para guru. Nah terkait pelaksanaan belajar tatap muka, menurut Bupati masih menunggu arahan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi serta dari tim Satgas Covid-19.

Mari bersinergi untuk membuat terobosan baru disekolah-sekolah terkait peningkatan pembelajaran bahasa Inggeris atau bahasa asing.

” Selain itu, siswa sekolah negeri juga diberikan peluang atwu kesempatan mengikuti pertukaran pelajar disekolah swasta. Baik didalam daerah maupun diluar daerah, supaya mereka bisa belajar lebih banyak dan menambah persahabatan/pertemanan,” ungkap Bupati Drs. H. Budiman, M.Pd dihadapan para Kepala UPT (Kepala Sekolah) SMP Negeri se Lutim.

H. Budiman menambahkan bahwa, pentingnya menguasai Bahasa Inggeris, karena Bahasa Inggeris merupakan bahasa internasional dan paling banyak digunakan penduduk dibelahan dunia ini.

“Kalau hanya mengandalkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah saja, mana mungkin kita bisa bersaing,” katanya.

Dikatakannya, salah satu kiat sukses dalam kehidupan ini harus bisa berbahasa Inggris, maka itulah dirinya berharap generasi penerus di Bumi Batara Guru dapat menguasai bahasa Inggris.

“Contohnya saja, jika kita ingin melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri. Kalau tidak bisa berbahasa Inggris maka akan menjadi kendala nantinya,” ungkap Bupati.

Lebih jauh dikatakan Bupati yang juga pernah mengajar (guru), sekarang ini tak perlu heran, karena semuanya memang disesuaikan dengan standar internasional, bahasanya pun bahasa internasional yakni bahasa Inggris.

“Jika kita memiliki kemampuan bahasa Inggris lisan maupun tulisan, maka di dunia kerjapun kita bisa bersaing,” tandas Bupati Lutim. (yul/yus)