Bawaslu, Harus di Pakai APD untuk Panwascam dan PKD Dalam Pengawasan Tiap Tahapan Pilkada

Masambanews, Luwu Utara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 15 Kecamatan dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di Bumi Lamaranginang, Jumat (10/7/2020).

Alat Pelindung Diri (APD) ini diberikan kepada Panitia Pengawas di tingkat Kecamatan, kelurahan dan Desa tersebut sebagai pelindung agar tidak terpapar Covid-19. Selain itu juga, Bawaslu ingin memastikan bahwa Panitia Pengawas di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa harus bebas Covid-19 sehingga tidak menghambat jalannya pengawasan terhadap pelaksanaan setiap tahapan Pilkada serentak di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra.

Ketua Panwascam Sabbang Selatan Andika kepada media ini, Jumat (10/7)) mengatakan, pihaknya telah menerima APD sebanyak 21 APD yang akan dibagikan kepada anggota Panwascam dan staf sekretariat 11 buah dan PKD 10 buah pada setiap pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020 harus dipakai.

Dikatakan Andika bahwa APD yang dibagikan Bawaslu Lutra di setiap Kecamatan yang jumlahnya 15 Kecamatan 166 Desa dan 7 Kelurahan di Bumi Lamaranginang yang akan digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Verifikasi Faktual (Vertual) bagi pasangan bakal calon independen yang ikut bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan itu dan untuk penfawasan setiap tahapan di Kecamatan Kelurahan dan Desa.

Sementara Ketua Panwascam Kecamatan Sabbang, Mukhlis ditempat terpisah menambahkan, bahwa APD juga kami terima berjumlah 21 buah yang dibagikan kepada Panwascam dan PKD. tersebut berupa face shield, hand zanitser, sarung tangan, masker dan juga vitamin. APD yang dibagikan tersebut untuk sekali pemakaian.

“Mukhlis berharap, dengan fasilitas APD yang telah dibagikan Bawaslu Lutra, Panwascam dan PKD dapat manfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga panitia pengawas tidak mudah terpapar Covid-19,” ucapnya.

“Walaupun Kabupaten Lutra masuk zona kuning sekarang, namun kita berharap tidak ada panitia pengawas yang terpapar Covid-19. Sehingga APD yang telah dibagikan harus digunakan saat bertugas sehingga tidak mudah terpapar Covid-19,” terangnya.

Ketua Panwascam Sabbang Selatan Andika dan Ketua Panwascam Sabbang Mukhlis menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Lutra yang telah membagikan APD kepada seluruh Panwascam dan PKD untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan pilkada serentak 9 Desember 2020.

“Kami sangat berterima kasih karena Bawaslu tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan kami dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di tengah pandemi covid-19. APD yang diterima itu akan dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkas mereka berdua. (yustus)