Alisman Pjs Kades Marannu, Mudahkan Warganya Urus Surat ke Dukcapil Luwu Utara

Masambanews, Luwu Utara – Pemerintah Desa (Pemdes) Marannu, Kecamatan Baebunta terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan banyak berbenah dalam proses kepengurusan dokumentasi kependudukan warganya.

Salah satu yang kini digalakkan itu adalah proses pengurusan dokumentasi atau surat-surat kependudukan yang dilakukan di kantor Desa terus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Luwu Utara di Masamba.

Hal tersebut disampaikan Pjs Kepala Desa (Kades) Marannu, Alisman mengatakan, kini pemerintah desa terus berupaya memudahkan masyarakatnya dalam mengurus surat-surat kependudukan di Kantor Dukcapil Lutra Masamba.

” Tidak perlu lagi masyarakat urus surat-surat administrasi kependudukan di Dukcapil, kami pemerintah desa siap membantun tanpa mengeluarkan bisya transport, biaya makan minum dan waktu, kecuali perekaman elektronik KTP baru tidak bisa diwakili. Ini semua pemdes lakukan untuk masyarakatnya, supaya bisa beraktivitas di kebun,” ucap Alisman.

Seperti pengurusan KTP yang hilang atau rusak, sudah memiliki suket atau pernah rekam untuk e-KTP. Kemudian proses Kartu Keluarga (KK), kartu identitas anak, surat keterangan terlantar, surat keterangan tempat tinggal, akta lahir, pencatatan kematian, pencatatan perubahan nama, dan urusan lain menysngkyt administradi kependudukan, kecualinyang tidak bisa di wakili adalah perekaman untuk pembuatan KTP baru.

“Jadi secara proses kami akan bantu di kantor desa secara gratis tanpa dipungut biaya dan pengurusan-pengurusan administrasi ke Dukcapil, masyarqkwt cukup di rumah dan beraktivitas sebagai petani dan juga menghindari kerumunan di pamdemi covid-19,” ucapnya kepada media ini, Senin 22 Februari 2021.

Alisman yang juga Kepala Seksi Tata Kelola Persandian Dinas Kominfo Lutra menambahkan, dalam teknis kepengurusan kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) di desanya, telah bekerjasama dengan Dukcapil Lutra. Sehingga warga tak perlu bolak-balik ke kantor dinas tersebut.

“Jadi Alhamdulillah kita sudah kerjasama dengan Dinas Dukcapil. Warga tak perlu bolak balik keluarkan ongkos transport dan biaya makan minum,” jelas Pjs Kades Marannu.

“Kami ingin lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan nanti sistemnya surat tersebut akan diantar langsung ke rumah warga yang bersangkutan,” pungkasnya. (yus)