Adakan Press Conference Festival Paduan Suara Natal Toraja Utara, Panitia Siapkan Hadiah Dua Ekor Kerbau dan Rp230 Juta

Masambanews,Toraja Utara– Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui panitia penyelenggara menyampaikan di Press Conference soal progres festival padua suars Natal yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 17 Desember 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan panitia pelaksana dalam Press Conference yang diselenggarakan di Lapangan Bakti Rantepao, Selasa 7 Desember 2021.

Festival paduan suara tersebut akan diikuti sebanyak 59 kelompok/tim dari 6 Kabupaten.

Hadir di Konferensi Pers tersebut panitia penyelenggara yang diwakili Rede Roni Sekda Torut, Harli Patriatno Kadis Pemuda Olahraga yang juga ketua panitia, Anugerah Yahya Rundupadang Sekretaris Dinas KominfoSP menjelaskan, dari 59 kelompok tersebut akan dibagi menjadi dua grup.

Grup pertama terdiri dari unsur OPD, Kecamatan dan denominasi Gereja yang ada di Toraja.
Kemudian grup kedua akan diisi peserta dari luar Toraja Utara.

Panitia menyebut, tim dari 6 (enam) kabupaten dan 2 (dua) provinsi dipastikan akan hadir mengikuti paduan suata Natal 2021 dan panitia menyiapkan total hadiah uang pembinaan sebesar Rp.230 Juta.

Di Konferensi Pers dirincikan bahwa, masing-masing kelompok A dan B memperebutkan uang oembinaan masing-masing yakni, juara I hadiahnya 1 ekor kerbau dan juara II sebanyak Rp…. juara III Rp15 Juta, juara IV Rp10 Juta, juara V Rp7,5 Juta, dan Juara VI Rp5 Juta.

Para tim yang akan berkompetisi, juga akan memperebutkan Tropi Piala Bergilut Bupati Toraja Utara dan Piala Tetap untuk masing-masing kelompok paduan suara Natal.

Sementara untuk ketentuan lomba, “minimal 60 dan maksimal 100 peserta termasuk dirigen,” sebut Harli Patriatno.

Kemudian, peserta lomba paduan suara Natal harus menggunakan busana atau baju adat Toraja (tidak harus seragam).
Saat lomba, peserta membawakan dua lagu sekaligus yakni lagu wajib dan lagu pilihan.

“Untuk lagu wajibnya, Sende Panaangki. Ketentuannya nada dasar tidak boleh diubah,” terangnya, seraya menambahkan bahwa, lagu pilihan yakni, Parannu Sia Sendekan, Arrang Kamala’ birana dan Imanuel.
Selain itu Dadimo Pela’bakta, Haleluyah, dan Kurre Sumanga’.

“Jadi lagu pilihan juga disiapkan oleh panitia. Nanti peserta pilih sendiri,” pungkasnya.(megasari/yus)