50 Pengurus Bimtek Pengembangan Koperasi: Lemahnya Administrasi dan SDM Pengelola Komentar Kasrum Patawari

Masambanews, Luwu Utara – Dari 50 pengurus koperasi di Luwu Utara (Lutra) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dilatih dalam bimbingan tekhnis (Bimtek) permodalan usaha koperasi selama dua hari di hotel Remaja Indah Masamba, Selasa 27-Rabu 28 Juli 2020.

Bimbingan tekhnis ini kepada 50 pengurus koperasi se Lutra Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan UKM Lutra bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel dengan sumber anggaran dari DPA Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel.

Bimtek ini dibuka oleh Kadis P2KUKM Lutra, Kasrum Patawari dan Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel H. Abdul Malik Faisal, SH, M.Adm.Pemb.

Kasrum Patawari dalam arahannya menyampaikan bahwa selama ini pengelola koperasi rata-rata lemah dalam pengelolahan administrasi, keuangan bahkan lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) para pengurus/pengelola dalam pengembangan usaha kiperasi mereka.

“Dengan itu kita lakukan Bimtek para pengurus/pengelola 50 orang se Lutra dan menaruh harapan supaya pengelola dan pengurus koperasi bahkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah merupakan pilar untuk konsep mendukung pembangunan di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara,” tutur Kadis P2KUKM Lutra ini.

Dikesempatan itu, Kasrum Patawari menyinggung semangat masyarakat Bumi Lamaranginang mendirikan usaha koperasi. “Semoga harapan kita, koperasi menjadi lokomotif usaha koperasi di Lutra,” terangnya.

Dikesempatan itu pula Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel Abd Malik Faizal menyampaikan soal yang mendasar yang dihadapi kalangan pengelola dan pengurus koperasi yakni keyerbatasan modal, semoga bimtek ini diharapjan bisa mengatasi permodalan usaha koperasi serta peningkatan pelayanan, kesejahteraan anggota,”terangnya. (yustus)