9 Kebutuhan Pokok di Pasar Rakyat Sabbang Stabil, Kadis P2KUKM Lutra Pantau Pasar

46 views
banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas P2KUKM melakukan operasi pasar atau pemantauan 9 bahan pokok menjelang Hari Raya idul Fitri 1441 hijriyah di seluruh pasar rakyat di desa yang ada di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang.

Kegiatan ini untuk memanimilisir harga bahan pokok di setiap pasar rakyat di Desa-Desa, yang mana di Pasar Rakyat Sabbang, diikuti para tokoh pemuda bhabinsa dan babinkamtibmas.

Kepala Dinas (Kadis) P2KUKM, Muh Kasrum Patawari, bersyukur walaupun dalam keadaan kondisi wabah covid-19, tetapi masih dipertemukan dalam kegiatan operasi pasar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang berkunjung di Pasar Rakyat Sabbang, para pemuda dan warga sekitarnya yang berkontribusi besar dalam pelaksanaan operasi pasar jelang Idul Fitri,” ujarnya.

Kadis P2KUKM berharap operasi pasar/pemantauan jelang Idul Fitri ini yang berdampak positif pada stabilitas harga terutama gula dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan gula pasir dengan harga terjangkau.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa harga gula saat ini terus meningkat dan kondisi ini tidak hanya terjadi di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Lutra,red) saja, melainkan secara nasional trennya juga memang sama,” imbuhnya.

Untuk harga kebutuhan pokok juga masih relatif stabil. Meskipun dari sejumlah komoditi ada yang harganya mengalami kenaikan, seperti bawang merah dan putih, terigu. Ini disebabkan konsumsi yang cukup tinggi ditengah-tengah masyarakat selama Bulan Suci Ramadan dan menjelang lebaran, serta pengaruh pandemi corona.

“Tentunya saja operasi pasar ini memang sangat dibutuhkan dengan tujuan untuk mengantisipasi terus melonjaknya harga gula agar stabil di pasaran sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat,” jelas Muh Kasrum Patawari.

Ia menambahkan bahwa operasi pasar di Kabupaten Lutra kami laksanakan dalam dua tahap yakni menjelang ramadhan dan saat ini, menjelang hari raya idul Fitri.

Sementara itu juga, selalu diingatkan tentang protokol kesehatan selama corona, selalu pakai masker baik penjual maupun pembeli dan cuci tangan sebelum masuk pasar begitupun kalau sudah keluar dari pasar.

Dan tak lupa pula Kadis P2KUKM Lutra, Muh Kasrum mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa siaga dan waspada dalam mencegah sebaran Corona dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu rajin mencuci tangan, physical distancing atau jaga jarak dan selalu memakai masker.

“Termasuk juga perlu kita antisipasi kepulangan saudara-saudara kita dari perantauan atau mudik,”pesannya. (yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)