Deklarasi Bebas Sampah Plastik di SMPN 4 Masamba

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Siswa SMP Negeri 4 Masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi-Selatan melakukan kampanye/deklarasi bebas sampah plastik menuju Adipura dengan bawa tempat sampah keliling sekolah.

Kegiatan tercermin lewat program ‘Say no to Plastic’ sebagai bentuk pembelajaran kurikulum yang implemitatif.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Masamba Saenal Arifin kepada wartawan media ini mengatakan, setiap sekolah menghasilkan sampah. Karenanya SMP Negeri 4 Masamba melakukan kampanye/deklarasi bebas sampah plastik di lingkungan sekolah.

Menurut Saenal, pada jam istirahat beberapa siswa ada yang proaktif peduli lingkungan sekolah dengan memungut sampah yang ada di sekitarnya.

“Para siswa berkeliling sekolah dengan membawa kotak sampah dengan memantau siswa yang buang sampah sembarangan, bahkan jika ada sampah yang berserakan di halaman sekolah, siswa tersebut langsung memungut sampah tersebut,” kata Saenal, Jumat (18/10).

Dijelaskannya, dalam program say no to plastic pihak sekolah menyampaikan kepada seluruh warga SMP Negeri 4 Masamba untuk memulai sebuah perubahan, di antaranya mengurangi sampah plastik yang diawali dengan Deklarasi untuk Say no to Plastic dengan melibatkan para guru, staf dan bujang sekolah serta Satpam maupun para siswa.

Lebih lanjut Saenal Arifin mengatakan, setelah sekolah melaksanakan say no to plastic, pihak kantin dilarang melayani untuk penjualan dengan plastik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lutra, H.Jasrum usai deklarasi mengatakan, para siswa SMP Negeri 4 Masamba diajari memungut sampah di lingkungan sekolah sampah terutama plastik yang biasanya ada di laci meja.

“Di laci, di halaman dan sekitar taman masih ada sampah plastik, dengan adanya gerakan anti sampah plastik diharapkan semua warga SMP Negeri 4 Masamba bisa sadar akan dampak dan bahaya plastik, serta sebisa mungkin untuk tidak  menggunakan plastik dan seluruh sekolah akan diterapkan di Lutra.

“Saat ini kesadaran Sekolah kami apresiasi untuk mengurangi penggunaan plastik tersebut. Contoh seperti penggunaan plastik waktu beli es diganti menjadi botol atau gelas kaca,” saran Jasrum.

Deklarasi bebas sampah plastik untuk menuju Adipura 2020, dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang, Camat Masamba Ari Setiawan dan Kasat Binmas Polres Luwu Utara AKP Wake Andi Maming.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply