PUPR Telah Bangunkan Rumah Nelayan, Bupati Lutra Serah Terimakan 50 Kunci

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan 50 unit rumah khusus untuk para nelayan di Desa Tammuku’, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel).

Hal itu disampaikan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani bahwa PUPR telah menyelesaikan pembangunan dan saat ini kita melakukan serah terima kunci rumah khusus kepada nelayan sebanyak 50 unit rumah di Tammuku,” ujarnya dihadapan 50 Nelayan,Senin(22/7/2019).

Bupati menjelaskan, bantuan rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi nelayan yang ada di daerah tersebut. Sebanyak 50 unit rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR dan sudah dalam kondisi siap huni, dan ada komitmen Pemda Lutra untuk peningkatan kesejahteraan para nelayan di Bumi Lamaranginang(Lutra, red), agat tidak ada lagi kawasan kumuh dipesisir.

” Untuk ini Bupati mengharapkan kepada 50 nelayan untuk merawat, memanfaatkan dan menjaga kebersihan bangunan dan kebersihan pesisir supaya Indah sampai waktunya 5 tahun bertahan atau 10 tahun,” tutur Indah sedikit berdiplimasi pada penerima manfaat, seraya menambahkan para nelayan turun kelaut mencari ikan tak lagi risau memikirkan keluarga dirumah karena rumah sudah Indah dan bagus.

” Berdasarkan data dan laporan dari Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Jawasan Pemukiman dan Pertanahan, Syamsul Syair bahwa pembangunan 50 unit rumah khusus tersebut menggunakan anggaran senilai Rp 4,6 milyar, berasal dari APBN tahun 2018, dengan rincian 1 unit rumah tipe 28 menelan anggaran Rp.130 juta. Lahan yang ditempati perumahan nelayan adalah tanah yang dihibahkan,” jelas Syamsul Syair.

Sekadar diketahui, rumah nelayan yang dibangun sebanyak 162 unit, dengan rincian di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat 56 unit, di Desa Poreang Kecamatan Tana Lili 56 unit, dan di Desa Tammuku’ yang hari ini resmi digunakan 50 unit.

“Rumah khusus yang dibangun telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan air bersih. Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni, kesejahteraan para nelayan di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Syamsul Syair.

Sementara itu, Akib(55) penerima manfaat menyampaikan rasa syukyr dan terimakasih pada Pemerintah pusat terutama kepada Bupati Indah melalui Dinas PUPR, dengan adanya bantuan rumah khusus untuk kami para nelayan di di Desa Tammuku’.

” Menurut Akib, rumah merupakan salah satu kebutuhan kami nelayan yang harus dipenuhi sehingga kami bisa lebih fokus bekerja mencari ikan di laut,” tuturnya singkat.(yustus/amor).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply