David Kamonto Murid SDN 5 Nanggala Juara Pertama FLS2N Tingkat Provinsi Sulsel

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – David Kamonto, siswa kelas V, SDN 5 Nanggala, Kabupaten Toraja Utara, keluar sebagai juara satu pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Sulawesi – Selatan(Sulsel) tahun 2019.

David keluar sebagai pemenang pada bidang Kriya Anyaman tingkat Sekolah Dasar (SD) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu kemarin, 22 Juni 2019.

David yang didampingi pelatihnya Herianus Mogo yang mempersembahkan karya seni berupa Baka (keranjang khas Toraja) berbahan dasar bambu dan menyisihkan utusan dari 23 kabupaten/kota se Sulsel.

Kepala SDN 5 Nanggala, YS Tandibau, S.Pd, pada media ini, Minggu(23/6 2019) malam, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih muridnya. Rasa bangga itu diutarakan karena dari sekolah yang ada di kampung mampu bersaing, bahkan mengalahkan siswa lain dari seluruh Sulawesi Selatan.

Sekolah Dasar Negeri(SDN) 5 Nanggala terletak di Longga, Lembang(Desa) Lilikira, Kecamatan Nanggala, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel.

“Ya, kami sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh David dan pelatihnya. Saya akan memberikan hadiah khusus untuknya,” tutur Tandibau.

Dia menyebut, David adalah anak yang cakap dalam hal anyam-anyaman. Orangtuanya, Anton Batti dan Ester Rupang, juga kebanyakan masyarakat Lilikira adalah pengrajin anyam-anyaman, terutama pada masa senggang sehabis bekerja di sawah atau di kebun.

“Ya, kebanyakan masyarakat di sini adalah pengrajin. Orangtua David juga pengrajin. Demikian pula dengan pelatihnya, yang juga penjaga sekolah kami,” tururnya.

Sebelumnya, David merupakan juara FLS2N tingkat Kabupaten Toraja Utara. Dia kemudian mewakili kabupaten Toraja Utara ke tingkat provinsi. Kini, David Kamonto, anak kampung dari Lilikira akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan di ajang FLS2N tingkat nasional tahun 2019.

Terima kasih David, telah membuat kami semua bangga!.(yustus/ino)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply