Go Internasional ANC Hipnoterapi: 5 Diklatpim

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Antenatal Care (ANC) Hipnoterapi. Dalam dua tahun terakhir, inovasi ini paling sering menjadi sumber pemberitaan di berbagai media, baik media cetak maupun media daring. Selain unik, inovasi ini terbukti memberikan manfaat yang luar biasa bagi para ibu hamil yang menjadi sasaran dari inovasi ini.

Tidak salah kemudian Kementerian PANRB mengategorikan ANC Hipnoterapi sebagai inovasi Outstanding alias TERPUJI. Mengingat begitu besar manfaat yang dihadirkan inovasi tersebut.

Berbicara soal ANC Hipnoterapi, pasti mengenang nama Anjas Rusli yang sekarang Camat Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara(Lutra) Sulawesi-Selatan(Sulsel). Dialah otak dan pencetus dari inovasi ini.

” Berangkat dari ide sederhana, ketika itu saya masih menjabat Kepala Bidang(Kabid) Kesehatan Masyarakat, dan tengah mengikuti Diklatpim III di LAN Makassar, saya menelorkan sebuah ide yang berujung pada lahirnya inovasi ANC Hipnoterapi,” ujarnya pada media ini, Sabtu(22/6/2019) sore.

” Saya dibimbing Yulianis Tandi dan Nurwahyudianti atau akrab disapa Yayuk Tidore, serta arahan dari Kadis Kesehatan A.M. Nasrum, inovasi ini bisa menggelinding dan membawa prestasi demi prestasi,” kenang Camat Sukamaju Selatan, Anjas Rusli.

“Inovasi ini tidak akan pernah berhasil tanpa dukungan penuh dari Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. ANC Hipnoterapi berhasil masuk ke dalam TOP 5 Inovasi LAN 2017 berkat dukungan Bupati, arahan Kadis Kesehatan sebagai mentor saya, dan tentu atas bimbingan ibu Yulianis dan ibu Yayuk,” turur Anjas Rusli mengenang permulaan munculnya inovasi ini.

Setahun kemudian, kenang Anjas, inovasi tersebut diikutkan dalam Lomba Inovasi Pelayanan Publik Indonesia SINOVIK yang diselenggarakan Kementerian PANRB.

“Inovasi ini berhasil tembus di jajaran elit TOP 40 Sinovik 2018, dan terpilih sebagai salah satu inovasi yang mewakili Indonesia dalam kompetisi inovasi tingkat dunia,” kenangnya.

Inovasi ini diakui dunia, sekaligus membawa harum nama Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara, di dunia internasional.

“Capaian ini bukan untuk disombongkan, tapi untuk menginspirasi ASN lain agar terus berkarya dengan prinsip Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas demi kesejahteraan masyarakat Lutra, karena inovasi adalah solusi cerdas dari setiap permasalahan pembangunan,” pungkasnya.

Dan puncak dari ini semua, ketika ANC Hipnoterapi mendapat kesempatan mengikuti ajang UNPSA 2019 di Azerbaijan, sekaligus sebagai inovasi perwakilan Indonesia di ajang tersebut, dari 22 inovasi yang terpilih mewakili Indonesia. Tentu ada harapan dan mimpi yang segera kita wujudkan.

” Kalaupun belum, setidaknya ANC Hipnoterapi sudah berhasil menapaki tangga dari puncak dunia go Internasional dan itu berarti ada pengakuan dunia terhadap inovasi sederhana tapi bermanfaat besar ini. Terus berinovasilah dan bermimpilah, jangan pernah berhenti,” tukas Camat Sukamaju Selatan.(yustus/amor)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply