Telan Rp.1,4 M, WC di Wisata Patung Yesus Mubazir

banner 468x60)

Masambanews, Tanah Toraja – WC yang mewah di kawasan objek Wisata Patung Yesus Buntu Burake Kecamatan Makale belum difungsikan sampai saat ini dinilai publik pembuanfan anggaran senilai Rp.1,4 milliar.

Fasilitas WC mewah ini yang bergaya modern itu berdekatan dengan parkiran dan sangat dibutuhkan pengunjung wisata patung Yesus.

Pantauan media ini, Minggu(19/5/2019) WC tiga unit sudah mulai mengalami keretakan pada lantainya dan sementara dua WC yang belum digunakan dan terlihat kotor, namun belum digunakan serta pintunya terkunci.

“Belum digunakan itu WC pak, karena airnya belum ada mengalir disiapkan oleh pemerintah,” tutur salah satu pedagang souvenir, Anti, Minggu (19/5/2019).

WC yang modern itu dilengkapi westafel, cermin besar, tempat tissue dan exhaust fan di plafon ruangan yang berguna sebagai penyedot udara pengap.

WC yang dibelakang Patung Yesus Memberkati sudah dipakai, tapi sudah ada kerusakan dan sementara dipalang menggunakan bambu dan papan.

“Kalau ada pengunjung buang air, kami tawari di WC yang kami bangun sendiri, airnya kami bawa dari rumah,” tambah Anti.

Dikatakannya, sumber air di objek wisata andalan Tana Toraja itu memang belum ada.

Untuk tarif WC liar yang dibangun para pedagang tarifnya mulai Rp 5 Ribu buang air kecil dan buang air besar Rp 10 Ribu per orang.

” Bangunan tiga WC yang dibangun tahun 2017 lalu, baru satu difungsikan yang dua belum digunakan,” tuturnya.

Sekedar diketahui anggaran pengadaan tiga WC mewah yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinas Pariwisata Tana Toraja sebesar Rp 1,4 Miliar dibangun mulai tahun 2017 lalu dan dikerjakan oleh CV Bangsa Damai.(yustus/arung)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply