Hakim Bukara Pimpin Safari Ramadan di Kecamatan Terisolir Rampi

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara menggelar Safari Ramadan di daerah terisoli, Desa Sulaku Kecamatan Rampi. Safari Ramadan diisi dengan kegiatan Buka Puasa Bersama, yang dilanjutkan dengan Salat Tarawih Berjamaah bersama warga desa setempat. Tidak seperti biasa, Safari Ramadan kali ini dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Abdul Hakim Bukara.

Rampi adalah sebuah wilayah terisolir di Luwu Utara dan penduduknya mayoritas non Muslim yang letaknya di pegunungan terpencil. Meski demikian, adalah kewajiban pemerintah untuk lebih mendekatkan pelayanan sampai ke pelosok-pelosok Desa, termasuk yang ada di wilayah terpencil seperti Rampi. Kegiatan Safari Ramadan yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadan adalah upaya pemerintah untuk lebih dekat dengan warga desa.

Hal itu diungkapkan Hakim Bukara pada media ini, Sabtu(18/5/2019).
“Tidak ada kata tidak dan tidak ada kata berat untuk datang ke Rampi karena alasan jarak. Safari Ramadan di Rampi ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara untuk tetap berkeinginan kuat untuk tetap bersama-sama dengan warga desa, meski letaknya terpencil,” tutur Hakim Bukara.

Umat Muslim di Desa Sulaku termasuk mayoritas. Meskipun keseluruhan masyarakat Rampi, umat Muslim terbilang sedikit. Meski demikian, kata Hakim, tidak mengurangi semangat dan tekad untuk melakukan syiar islam yang juga merupakan Visi-Misi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang religius. “Ini juga sekaligus untuk tetap menjaga silaturahmi antarumat ber Agama di Rampi,” jelas mantan Kabag Humas ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Luwu Utara, Nurul Haq, menyampaikan kepada masyarakat Rampi untuk tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa dan selalu dapat mengendalikan hawa nafsu maupun godaan di bulan suci Ramadan, terkhusus bagi masyarakat Rampi yang beragama Islam. Kegiatan Safari Ramadan juga diwarnai penyerahan bantuan kepada Camat Rampi berupa website Desa untuk admin/operator dari Dinas Kominfo.

Turut pula hadir pada kegiatan Safari Ramadan ini, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, SDM dan Kemasyarakatan(Plt Kadis Parawisata) Jumail Mapile, Asisten Pemerintahan dan Kesra Andi Sarappi, Camat Rampi Suryadi Djafar, dan para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Kabupaten Luwu Utara, serta teristimewa warga masyarakat desa Sulaku kecamatan Rampi. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply