Ranperda Tertib Pelihara Ternak Babi, Kerbau di Dalam Kota, Bukan Dilarang Komentar Wabup Tator

banner 468x60)

Masambanews, Tanah Toraja – Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, menegaskan masyarakat jangan salah sangka terkait konsultasi public Rancanagan Peraturan Daerah (Ranperda) soal Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang dilaksanakan di Gedung DPRD Tana Toraja, Kamis kemarin,(16/5/2019).

Victor mengatakan, salah satu pasal dalam Ranperda itu mengatur mengenai tertib pemeliharaan ternak di dalam kota. Hal itu, kata dia, bukan dengan maksud melarang warga untuk tidak memelihara ternak (terutama babi), melainkan menata kandang-kandang ternak milik warga agar tidak menimbulkan dampak lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat di sekitarnya.

Victor menjelaskan, kondisi Kota Makale yang terdapat banyak kandang ternak piaraan jika tidak tertata dengan baik bisa berdampak bagi lingkungan dan menimbulkan penyakit.

Victor menyebut kondisi kota harus tertata dengan rapi dan bersih apalagi sebagai icon daerah pariwisata sehingga kandang ternak yang ada di dalam wilayah kota Makale diharapkan untuk direlokasi.

“ Bukan maksud melarang untuk memelihara ternak, tapi kita harap bisa dipindahkan. Ini masukan dan harapan warga dalam konsultasi publik, terutama di Kelurahan Bombongan, Pantan, dan Tondon Mamullu,” jelas Victor, Jumat(17/5/2019).

Sementara itu, anggota DPRD Tana Toraja, Kristian H.P Lambe mengatakan pada Pasal 56 tertib pemeliharaan ternak berbunyi “Setiap orang pemilik ternak wajib mengandangkan dan atau mengikat ternaknya agar tidak berkeliaran di jalan yang dapat mengganggu ketertiban umum, kelestarian lingkungan, dapat mengganggu keselamatan lalu lintas dan pejalan kaki.

Kristian menjelaskan, di Ranperda tidak diatur khusus soal ternak babi, sehingga relokasi itu hanya sifatnya masukan dari masyarakat dalam Konsultasi Publik Ranperda tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat saat ini sedang dibahas di DPRD Tana Toraja dan sudah dilakukan Uji Publik terhadap Ranperda tersebut pada hari kamis lalu,(16/5/2019).

“Dalam Ranperda ini, ada 17 ruang lingkup yang disusun dan poin ke-16 nya adalah tertib pemiliharaan ternak,” ujar Kristian. (yustus/ino)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply