Perjuangan 16 Tahun Pemekaran Kecamatan Pantas Disyukuri Masyarakat Sabbang Selatan

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara- Warga Desa Buangin dan desa sekitarnya yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, menggelar syukuran di Lapangan Sepakbola Tarue, Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan(Sabsel) Jumat(15/3/2019).

Syukuran dilakukan warga usai daerah mereka ditetapkan sebagai kecamatan baru di Luwu Utara, yakni Kacamatan Sabbang Selatan.

Anggota DPRD Luwu Utara, Petrus Palebangan Rantetoding, Paulus Palino, Akib Mursalim, Sudirman, Rafika yang hadir di Syakuran menyebut, perjuangan warga menghadirkan kecamatan baru berlangsung selama 16 tahun atau tiga tahun setelah Luwu Utara terbentuk tahun 1999.

“Perjuangan pembentukan Sabbang Selatan ini lahir dari bawah yakni diawali oleh keinginan masyarakat akar rumput. Ide pembentukan Baebunta Selatan tidak ada penolakan sama sekali, seluruh Kepala Desa(Kades) berkomitmen saling mendukung. Untuk itu terima kasih kepada seluruh masyarakat atas perjuangan 16 tahun ini juga kepada pemerintah daerah,” kata Wahid Kaladen yang juga merupakan tokoh masyarakat Buangin.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani berharap perjuangan selama 16 tahun dapat dikonversi ke dalam pemberian pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Perjuangan pembentukannya memang sudah berujung, tapi perjuangan yang lain sesungguhnya baru kita mulai,” ujar Indah.

Perjuangan yang dimaksud orang nomor satu di Luwu Utara ini tentunya adalah bagaimana mengonversi perjuangan 16 tahun tersebut ke dalam pemberian pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Semakin panjang perjuangan, tentu semakin besar kenangan kita akan perjuangan tersebut. Untuk itu, perjalanan sejarah ini perlu dibingkai dengan baik,” harap dia.

Indah menambahkan, hakekat pembentukan kecamatan baru adalah mendekatkan pelayanan.

“Tentu ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal,” katanya.

Hadir dalam kegiatan Syukuran tersebut, Plh Sekda Tafsil Saleh, Para pimpinan SKPD, Ketua TP PKK Luwu Utara Enny Thahar, Kapolsek Sabbang Moh Kasta Nasir, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, TP PKK se Kecamatan Sabsel, Lurah Marobo, Imran Djaddung, para Kades se Kecamatan Sabsel, Kepala Sekolah.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply