Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Puskesmas Sabbang

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Kegiatan Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK) tingkat Kecamatan Sabbang dan Kecamatan Sabbang Selatan dilaksanakan di aula Puskesmas Sabbang, Rabu kemarin dibuka oleh Camat Sabbang Sitti Kidar.

Dalam kesempatan ini, hadir Kepala Seksi Yanke Primer pada Dinas Kesehatan Ismawati S.Kep.
Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara(Lutra) Ismawati dan A.Diarty R.SKM serta paramedis Puskesmas, Bidan Desa, Para Kepala Desa dan staf se Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan.

Kepala Puskesmas Sabbang, Hairul Muslimin , dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan umum Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK) yaitu terlaksananya PIS-PK di setiap Kecamatan dan tujuan khususnya adalah membangun komitmen bersama dari semua lintas sektor dan dukungan penuh dalam pelaksanaan PIS PK di Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan terkhusus di Kabupaten Luwu Utara.

Camat Sabbang Sitti Kidar dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) merupakan salah satu program nasional yang menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan pembiayaan serta sarana prasarana termasuk program upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah Puskesmas.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama yaitu penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Lebih lanjut disampaikannya, “Sosialisasi ini seharusnya bukan hanya ceremonial saja yang hanya memberikan output namun juga harus memberikan outcome yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat yaitu peningkatan kesehatan keluarga di Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan.” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sabbang Hairul Muslimin menyatakan bahwa Dinas Kesehatan melalui seluruh Puskesmas akan kami melakukan pendekatan keluarga di wilayah kerjanya melalui kunjungan rumah di setiap rumah tangga. Selain itu kami melakukan pendataan dan pemeriksaan ke setiap anggota keluarga dan hasil pendataan dientri ke dalam aplikasi keluarga sehat. Hasil analisa dari data tersebut akan dievaluasi sebagai gambaran kondisi kesehatan keluarga di wilayah Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Luwu Utara.

Selanjutnya, narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara Andi Diarty R.SKM memberikan pemaparan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), sedangkan Ismawati S.Kep, menyampaikan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) lebih mengarah kepada pembinaan bukan pendataan yang dilakukan tanpa kurun waktunya.

Lebih lanjut disampaikannya, kegunaan aplikasi PIS-PK supaya jadi monitor real time, jika ada perubahan kearah yang lebih baik maka indikator akan menjadi baik. “Dan harus dilaksanakan pembinaan continue of care yang bertujuan untuk meningkatkan keluarga yang dibina secara kuantitas dan kualitas.” tutupnya.

Pada akhir acara dilaksanakan pembahasan secara tehnis kepada Pegawai puskesmas yang merupakan tenaga kesehatan yang menjadi pelaksana dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply