PPK Sabbang Gelar Bimtek Tungsura, Cegah Kesalahan Penghitungan, Komentar Budi

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara sudah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penghitungan suara (Tungsura) untuk seluruh penyelenggara PPK dan PPS.

Dalam bimbingan teknis tersebut PPK dan PPS akan mendapatkan arahan mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Kegiatan ini dinilai sangat penting untuk kesuksesan pemilu. Karena jika PPK dan PPS tidak memahami mekanisme pemungutan dan penghitungan suara, tentu akan menjadi masalah serius nanti.

“Oleh karena itu, KPU melakukan bimbingan khusus agar mereka memahami tugas dengan baik di 17 April” ujar Ketua PPK Budi Abadi Daling pada rapat pra Bimtek Tungsura dengan PPS disekretariat PPK Sabbang, Jumat(1/3/2019), pada media ini.

Setelah PPK dan PPS mendapatkan bimtek, maka PPS akan melakukan hal yang sama kepada seluruh petugas KPPS secara berjenjang di tiap Desa/Kelurahan. PPS akan membuktikan KPPS yang bertugas di TPS agar mereka memahami sebaik baiknya bagaimana mekanisme pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“KPU akan membekali dengan buku panduan untuk tujuh orang anggota KPPS. Diharapkan dengan buku panduan tersebut, mereka bisa mempelajari untuk kegiatan di hari H,” ujarnya.

Budi panggilan akrab Ketua PPK Sabbang mengatakan, berdasarkan pengalaman, buku panduan tersebut menjadi pegangan seandainya terjadi masalah di TPS yang harus diselesaikan anggota KPPS. Seluruh anggota KPPS diminta untuk membaca dengan seksama buku panduan KPPS untuk menjadi pegangan.

Ditambahkan, karena PPS memberikan Bimtek kepada KPPS secara berjenjang, maka KPU mengharapkan, seluruh anggota PPS dan PPK menyimak baik-baik materi yang disampaikan. Materi lebih cenderung studi kasus mengenai cara penghitungan yang dilakukan KPPS hingga menuliskan ke dalam formulir.

Berdasarkan pengalaman pemilu dan pilkada yang lalu, masih ada beberapa petugas yang terkadang salah memasukkan jumlah penghitungan. Akibatnya, PPS dan PKK hingga KPU melakukan perbaikan kembali.

“Sifatnya human error. Karena sudah terlalu lelah. Oleh karena itu, kita kali ini membekali dengan buku panduan sebanyak tujuh lembar kepada seluruh anggota KPPS agar dapat memahami dengan baik tugas penyelenggara,” tambahnya.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply