KPU Tegakkan Integritas PPK Sabbang Intens Monitoring PPS Desa

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, – Penyelenggara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dan Legislatif . Kini KPU dan jajarannya disibukkan dengan data pemilih.

Pelaksanaan agenda lima tahunan ini menjadi salah satu tolak ukur kinerja penyelenggara pemilu. Meski dalam penyelenggaraan pemilu juga sangat terkait dengan kinerja peserta pemilu, pemilih, dan pemerintah. Tetapi secara teknis penyelenggaraan, KPU dan jajarannya memiliki porsi tanggung jawab yang lebih besar dalam memastikan tahapan demi tahapan pemilu berjalan dengan baik.

Hal ini terlontar, ketika Panitia Penyelenggara Kecamatan(PPK) Sabbang, monitoring di PPS Desa Bone Subur Kecamatan Sabbang Selatan, demikian disampaikan anggota PPK Sabbang, Yudi didampingi Ayyub, pada media ini, Selasa(12/2).

Kini kritik dari publik dialamatkan ke KPU dan jajarannya karena dianggap belum maksimal dalam mengelola tahapan demi tahapan pemilu, khusus pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara. Salah satu aspek yang mendapat banyak sorotan adalah kinerja penyelenggara di tingkat KPU kabupaten/ kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

KPU tidak menutup mata dengan beberapa peristiwa dan tindakan yang menciderai integritas dan profesionalitas penyelenggaraan pemilu. Karena sejak awal, KPU telah berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2019 sebagai pemilu yang berintegritas. Salah satu langkah yang ditempuh untuk mewujudkan komitmen itu dengan mendorong terciptanya integritas penyelenggara, selain juga harus didukung integritas peserta pemilu dan pemilih.

” Menyikapi sejumlah dugaan kecurangan yang terjadi selama penyelenggaraan pemilu, KPU telah mengambil sejumlah langkah-langkah penanganan. Hal ini dilakukan agar kejadian serupa tak terulang lagi dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif tahun ini,” tutur Ayyub.

Sementara Komisioner Divisi Data dan Perencanaan KPU Luwu Utara, Supriadi Halim mengatakan, Komitmen KPU untuk menegakkan integritas dan profesionalitas penyelenggara pemilu. KPU tidak ingin komitmen menyelenggarakan pemilu berintegritas yang telah dibangun secara nasional terciderai gara-gara adanya kepentingan individu dan kepentingan sesaat dari oknum penyelenggara di Luwu Utara.

” Setiap pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara meski masuk dalam kategori pelanggaran ringan, tetap harus dikenai sanksi. Hal ini penting untuk memberikan peringatan kepada setiap penyelenggara bahwa KPU secara berjenjang tetap melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja penyelenggara,” tutur Uppi’ panggilan akrabnya.

 

Anggota KPU Luwu Utara yang masih single ini memveti semangat kepada semua penyelenggara PPK, PPS dan KPPS untuk memperkuat integritas dalam monitoring dan supervisi.

” Integritas dan profesionalitas mutlak dimiliki semua jajaran penyelenggara pemilu. Penyelenggara harus memiliki daya tahan terhadap setiap godaan yang datang dari luar, termasuk godaan yang datang dari para kandidat yang ikut berkontestasi dalam pemilu,” ucap Uppi’ memberi semangat.

Karena itu, kami KPU memperkuat pelaksanaan supervisi secara berjenjang untuk memastikan kinerja penyelenggara di kecamatan, di desa/kelurahan dan TPS sesuai dengan SOP yang ditetapkan.

KPU Kabupaten melalui PPK memiliki posisi yang sangat strategis dalam pelaksanaan fungsi monitoring dan supervisi tersebut. Dihimbau keoada PPK dan PPS harus dapat melakukan pemetaan kondisi kerawanan di wilayahnya masing masing, berupa rawan konflik, rawan kecurangan, rawan sumber daya manusia, dan sebagainya.

Ketika seseorang merasa dalam pengawasan, posisinya akan selalu waspada dan berusaha menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Koordinasi yang baik antar penyelenggara akan mendorong terbangunnya komunikasi interaktif dan terbuka di antar sesama penyelenggara. Keterbukaan ini merupakan kunci untuk saling berbagi masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan tahapan demi tahapan pemilu.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply