Bawaslu Jalin Kemitraan & Sinergitas Pengurus Korda PWI Lutra

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara mengajak insan pers yang tergabung dalam PWI untuk bersinergi mewujudkan Pemilu Pilpres, Legislatif pada 17 April 2019 yang berkualitas dan berintegritas. Karenanya, lembaga pengawas pemilu itu mengajak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Korda Luwu Utara(Lutra)untuk bersinergi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara, Muhajirin mengatakan pada pengurus PWI Lutra saat berkunjung ke Sekretariat Bawaslu, Senin(11/2/2019), bahwa Pers itu sebagai pilar keempat demokrasi, Pers memiliki peran yang strategis dalam mengawal proses demokratisasi, salah satunya Pemilu 17 April 2019.

“Sejak awal kami ingin ada komunikasi yang baik dengan teman-teman Pers, ada sinergitas saling membangun,” ujarnya kepada pengurus Korda PWI Luwu Utara di ruang rapat Bawaslu Lutra.

” Kami pengurus Korda PWI Luwu Utara, menyambangi Kantor Sekretariat Bawaslu, untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk dan bebas dari pelanggaran untuk cara bersinergi, bermitra dalam hal pemberitaan yang menyejukkan,” ucap Ketua Korda PWI Luwu Utara, Junaidi Rasyid, yang juga Wartawan Harian Palopo Pos.

Junaidi yang datang bersama para pengurus Korda PWI Lutra, diterima langsung Ketua Bawaslu, Muhajirin.

Selain mendiskusikan berbagai isu kepemiluan, juga digagas untuk menjalin kerjasama lebih intensif antara kedua lembaga tersebut.

“Kami ingin, karena Bawaslu sekarang bukan Ad Hoc lagi, paling tidak ada kerjasama saling membangun. Mudah-mudahan pertemuan seperti ini bisa lebih intens lagi,” tambahnya.

Lanjut Jun yang akrab disapa, menuturkan, Pers dan Bawaslu bisa saling menguatkan dalam melakukan peran pengawasan pemilu, karenanya, pihaknya berencana akan mengikat kerjasama itu dalam bentuk kesepahaman bersama (MoU) untuk penguatan kelembagaan lembaga pengawas pemilu itu, di Luwu Utara.

“Saya rasa, kedua lembaga Pers dengan Bawaslu agar ada penguatan lembaga khususnya Bawaslu Kabupaten Luwu Utara,” ungkap Jun, seraya menambahkan bahwa PWI Luwu Utara beranggotakan Wartawan Koran harian, tabloid, majallah, media online dan juga Wartawan Radio.
Untuk diketahui PWI semasa Orde Baru(Orba) digelar organisasi plat merah sekarang sudah plat kuning.

Sekedar diketahui bahwa pengurus Korda PWI Luwu Utara, beranggotakan dari media harian Fajar, Rakyat Sulsel, Palopo Pos, Sindo, Berita Kota, Upeks, Saudagar, dan Tabloid, majallah serta media online.

Sementara, Ketua Bawaslu Luwu Utara, Muhajirin menyambut baik dan mengapresiasi langkah para pengurus Korda Kabupaten Luwu Utara, yang berencana akan menggandeng Bawaslu dalam proses pengawasan pemilu 17 April 2019.

“Ini merupakan kemajuan demokrasi di negeri kita terkhusus di Luwu Utara, dengan demikian Bawaslu dan Pers akan bersinergi mewujudkan Pemilu 2019 yang bersih dan jujur,” tukas┬áMuhajirin.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply