5.026 Kotak Suara KPU Lutra Rakit 1.500 Per Hari Dan 15 Tenaga

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara sedang merakit kotak suara. Sampai hari ini, Minggu(10/2/2019) di gedung Arma Karya, Jln Syuhada Masamba, ditemukan ada kotak suara yang rusak 7 buah dan untuk kecamatan dataran sudah selesai, tinggal kecamatan di pegunungan Seko, Rampi dan Rongkong, diprediksi selesai pertengahan bulan Februari 2019 ini.

Proses perakitan kotak suara tersebut lebih gampang. Hanya butuh sekitar 5 menit untuk merangkai 1 buah kota suara.

Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bachri mengatakan dalam oerakitan tersebut kita libatkan 15 tenaga staf KPU setiap hari.” Kita pacu selesai sampai pertengahan Februari ini,” tuturnya optimis, seraya menambahkan dari bongkar sampai dirakit hanya memakan waktu yah sekitar lima menit saja, dan kita pakai 15 tenaga KPU dengan kerja borongan per kotak Rp. 1500 dan dengan durasi termasuk menata kotak suara.

” Ditemui pekerja, Yusran 3 menit sudah termasuk menata. Per kotak suara, Rp 1500,-. Rakit suara ini lebih praktis. Hanya memang harus hati-hati karena rawan rusak, ” tutur Yusran di dampingi Nyenk.

Ketua KPU Luwu Utara Syamsul Bachri mengatakan, saat ini proses perakitan suara masih berlangsung dan sekesai hari untuk 12 Kecamatan di dataran Luwu Utara dan tinggal 3 kecamatan nanti di kantir kecamatan baru dirakit.

“Kita sudah menemukan 7 kotak suara yang rusak secara fisik. Terkait kelengkapannya, pengikat kabel tisnya ada tapi rusak karena robek,” kata Yusran di gedung Arma Karya Masamba.

“Yang rusak akan kita laporkan ke KPU RI. Kita ajukan permohonan penambahan,” imbuhnya.

Menurut dia, proses perakitan kotak suara telah mereka lakukan sejak mulai Kamis 7/2/2019, 4 hari lalu. Dengan mempekerjakan 15 orang dengan sistem kerja borongan.

“Target kita hari ini sekesai 12 Kecamatan di dataran, ” kata dia.

Dengan jumlah kotak suara mencapai 5.026 kotak yang akan terdistribusi di 987 TPS diseluruh Kecamatan yang berjumlah 15 di Luwu Utara.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply