Tanam Perdana Lahan Penangkaran Benih Padi di Desa Hasanah

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara – Tanam perdana pada lahan penangkaran benih padi di Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, Sulsel yang mana penangkaran benih padi bekerjasama dengan Center of Excellece(CoE) Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin(Unhas) Makassar dan Pemerintah Kabupaten, Kamis(31/1/2019).

Luwu Utara juga terkenal penghasil Kakao terbaik di Slawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan, Bupati Luwu Utara sebelum turun kesawah untuk penanaman benih padi hasil penangkaran benih padi, Musim Tanam(MT) tahun 2019, dan di Luwu Utara ini dikenal di Sulsel penyangga pangan dengan luad lahan 44.500 hektare dan juga oetani padi kita selalu surplus beras 82 ribu ton dengan produksi rata-rata 5,6 ton per hektare,” tutur Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani.

Dalam penanaman benih padi penangkaran tersebut, hadir pula Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf.M. Ismasfi, Ketua Center of Exellece,n Unhas, Prof. DR.Ir Yunus Musa, M.Si, Perwira Penghubung Mayor Sengke, Pimpinan SKPD, Camat Mappedeceng Kadri, Kapolsek, Danramil, para Kepala Desa se Kecamatan Mappedeceng, BPP dan Kelompok Tani serta masyarakat.

Ditempat terpisah dihubungi ” Camat Mappedeceng, Kadri mengatakan bahwa untuk penanaman benih padi di Luwu Utara ini, sudah menggunakan alat mesin dorong yang sudah di desain sedemikian rupa. Bibit padi sudah dimasukan ke dalam wadahnya. Mesin didorong kedepan, bibit padi dengan sendirinya keluar dengan berbaris teratur dan untuk jarak padi standar sebagai mana padi ditanam petani secara manual. Hanya saja, bibit padi yang keluar dari mesin tidak begitu banyak, diperkirakan hanya 4 sampai 5 butir padi saja masuk kedalam lubang tanah,”ujar Kadri mantan Sekertaris DPTPSM.

Upaya penangkaran tadi, merupakan peluang usaha baru bagi para kader muda petani yang ada di pedesaan, disisi lain hanya saprodi benih yang dapat dihasilkan oleh para petani sendiri, sedangkan saprodi lain berupa pupuk dan pestisida dihasilkan oleh industri.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply