Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Kebun Sekolah

banner 468x60)

Masambanwes, Luwu Utara – Para guru-guru Sekolah Dasar Negeri 011 Rantepasang di Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, mengajak anak-anak didik mereka untuk menata pekarangan sekolah menjadi kebun dengan aneka ragam tanaman. Kebun ini juga sebagai media pembelajaran yang dapat terintegrasi dengan mata pelajaran sekolah.

Hal itu dikatakan Kepala UPT SDN 011 Rantepasang, Andreti Kae, S.Pd pada media ini, Sabtu, 19/1/2019.

” Kami tertantang untuk membuat kebun dilahan kosong depan pagar sekolah dan menjadikan kebun ini sebagai media belajar,” ujar Andreti Kae.

Jika biasanya kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan di dalam kelas, kini para guru mulai mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas.
Meskipun belum optimal, para guru mulai mengajarkan anak-anak berkebun dilahan sekolah yang kosong, yakni mengintegrasikan kebun sekolah dengan mata pelajaran yang diajarkan.

Pemilihan kebun sekolah sebagai media belajar juga sebagai upaya untuk mendekatkan anak-anak kepada budaya pertanian yang dekat dengan kehidupan mereka.

“Sekarang ini jarang anak-anak yang dibawa ke kebun, kesawah, nah dengan kebun ini mengenalkan mereka lagi kepada kegiatan-kegiatan pertanian,” tambah Andreti Kae.

Seluruh proses berkebun tidak hanya dikerjakan oleh guru, tapi juga melibatkan para murid. Setiap kelas memiliki tanggung jawab sendiri untuk merawat kebunnya masing-masing.

“Yang jelas anak-anak juga jadi lebih menghargai proses penyediaan makanan yang mereka makan dan belajar menyediakan pangan tanpa harus beli,” tambah Andreti.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply