Lurah dan Kades, Garda Terdepan Pelayan Masyarakat

banner 468x60)

Masambanwes, Luwu Utara, – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, Kepala Pemerintahan Kecamatan Masamba menggelar Rapat Koordinasi(Rakor) perdana antara Lurah dan Kepala Desa serta aparat Kepolisian dan TNI, serta aparat Kecamatan, diaula Kantor Kecamatan Masamba, Senin, 14/1/2019.

Acara yang dibuka Camat Masamba, Ari Setiawan, S.STP. Tujuan rakor ini yakni untuk meningkatkan motivasi dalam pelayanan warga serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mendorong tumbuhnya pelayanan yang inovatif,” ungkap Camat Masamba Ari Setiawan, seraya menambahkan bahwa Desa di Kecamatan berjumlah 15 dan Kelurahan ada 4.

Dia mengatakan, rapat koordinasi tersebut sebagai upaya Pemerintah Kecamatan Masamba untuk mengefektifkan pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan dan Desa.

Tentunya, lanjut orang nomor satu di Kecamatan Masamba, Lurah dan Desa adalah garda depan untuk memberikan pelayanan di warga.

“Untuk mewujudkan sebagai Kecamatan Masamba, pelayanan intinya ada pada kualitas SDM. Kualitas SDM yang ada di setap Kelurahan dan di Desa yang punya peran besar di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sebab tidak ada satupun kegiatan yang tidak melibatkan Lurah dan Desa, baik sebagai pelaksana pemerintahan, pembangunan dan pelayanan pada masyarakat,” katanya.

Disamping itu Lurah dan Desa mempunyai fungsi koordinasi kegiatan dengan OPD, sebab sasaran pembangunan ada disana. Lebih lanjut dijelaskan, dalam melaksanakan tugas-tugas di kelurahan dan Desa yang terpenting adalah adanya kesungguhan dan keseriusan dalam memberikan pelayanan.

“Ada tiga hal yang harus dimiliki oleh aparatur yaitu kejujuran, amanah (profesional, red) dan sikap ingin menolong. Dengan adanya kegiatan ini nanti akan ada perubahan-perubahan yang signifikan, aparatur kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Luwu Utara menjadi pelayan-pelayan masyarakat yang baik,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kecamatan perlu melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi ini penting sekali agar masyarakat mendapat pelayanan yang cepat, tepat dan inovatif.

“Meningkatnya kepuasan publik berarti masyarakat percaya dengan apa yang dilakukan pemerintah. Intinya adalah trust dari masyarakat, dengan adanya kepercayaan dari masyarakat akan meningkatkan partisipasi masyarakat. Demikian sebaliknya, apabila masyarakat tidak memiliki kepercayaan pada pemerintah, maka masyarakat akan menjadi apatis,” tuturnya.

Sehingga partisipasi masyarakat akan menurun. Jika sudah menurun, tegas Camat Masamba, jangan berharap pembangunan akan berhasil sebagaimana yang diharapkan. Kegiatan pembinaan peningkatan kualitas sumber daya aparatur kelurahan dan Desa, kecamatan ini akan dilanjutkan dengan observasi lapangan.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply