Uang Dikumpulkankan Warga Secara Sukarela Buat Talud

banner 468x60)

Masambanwes, Luwu Utara, – Sikap untuk membangun Dusun serta Desa dinampakkan warga Dusun Banpres Desa Cendana Putih I Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, Sulsel.

Dana Sukarela masyarakat dikumpulkan ke Kepala Dusun secara tidak paksa, yakni kerelahan, ada Rp.5 ribu sampai Rp.100 ribu dan di stor ke Kepala Dusun, untuk membuat talud di dusun Banpres.

Hal itu disampaikan Camat yang baru dilantik tanggal 31/12/2018 lalu pada media ini, Minggu, 13/1/2019.

Camat Mappedeceng, Kadri langsung turun ke setiap dusun mendengar aspirasi warganya bersama Ketua TP PKK Kecamatan Mappedeceng dan menemui warga sementara membuat talud sepanjang 250 meter di Dusun Banpres Desa Cendana Putih I.

Camat Mappedeceng, Kadri mengaku kaget dan bangga, setelah menanyakan pada Kepala Dusun Banpres, bahwa pembangunan talud ini apa berasal dari Dana Desa?,” tanya Kadri.

” Tidak Pak Camat, jawab Kepala Dusun Banpres Sumardiono.Dan pembangunan ini masyarakat didusun ini menyumbang secara sukarela, ada yang Rp. 5 ribu sampai Rp.100 ribu. Dan kalau sudah terkumpul uang 1 juta, siapa ysng mau pinjam silahkan, dengan ketentuan dalam jangka 3 bulan harus dikembalikan 1.100.000, dan terkumpullah uang Rp.50 juta inilah yang kami pakai bangun talud ini pak Camat,” ceritera Sumardiono.

“Dana ini berputar terus dan diserahkan ke Kepala Dusun, jadi bukan Kepala Desa yang mengelolah dana ini,” ujarnya lagi.

Adanya dana sukarela yang terkumpul dipinjamkan ke warga setiap tiga bulan dikembalikan, contoh Warga pinjam Rp.1 juta tiga bulan kembali dengan Rp.1 juta, dan diserahkan kembali kepada masyarakat pengelolaanya.
Menurut Sumardiono sangat bermanfaat dan memiliki nilai lebih,” terangnya.

Menurutnya tidak ada kendala berarti saat pelaksanaan, karena pengelolaan berbasis masyarakat.

” Tidak ada kendala dalam pengumpulan dana tersebut, karena masyarakat yang datang sendiri disetiap Kepala RT untuk menyumbang,” ucapnya.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply