Rapat Evaluasi Kinerja Panwaslu Kecamatan Bawaslu Luwu Utara Tegaskan Tupoksi

banner 468x60)

Masambanwes, Luwu Utara, – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara melaksanakan rapat evaluasi kinerja pengawasan serta penanganan dugaan pelanggaran kampanye pemilu 2019 bagi Panwaslu kecamatan se Luwu Utara, Jumat, 4/1/2019, di Kelurahan Bone Kecamatan Masamba.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara, Muhajirin dalam arahannya menyampaikan, berbagai aturan yang harus dipegang oleh Panwaslu Kecamatan yang harus dipegang dalam melakukan pengawas pemilihan umum.
Dimana juga pada rapat evaluasi tersebut, dipaparkan di Bawaslu provinsi bahwa Luwu Utara, nihil tindak pelanggaran termasuk pelanggaran Alat Peraga Kampanye(APK).

” Tidak ada laporan pelanggaran di tahun 2018, seperti laporan pelanggaran APK atau pelanggaran register,” tutur Muhajirin Ketua Bawaslu Luwu Utara didampingi Komisioner Bawaslu, Ibrahim Umar dan Sriwati Sukma Dinengsi.

Ketua Bawaslu Luwu Utara, berharap ditahun baru ini(2019), Panwaslu Kecamatan meningkatkan pencegahan, dan tahun ini kami akan turun kelapangan untuk melakukan supervisi administrasi pengawas Kecamatan, mari ditahun 2019 kita benahi administrasi masing-masing Panwaslu Kecamatan.

Dalam kegiatan itu juga, Muhajirin menerima beberapa keluhan dari setiap  Panwaslu selama melakukan pengawasan, mulai dari hak pilih, pengawasan dalam kampanye, bahkan sampai dengan kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan pengawasan kampanye, termasuk juga pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih sering menimbulkan problem.

Muhajirin juga menegaskan kepada setiap pengawas pemilu untuk senantiasa selalu membaca peraturan perundang-undangan, khususnya undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, serta peraturan bawaslu dan peraturan KPU yang mengatur tentang pelaksanaan pemilihan umum.

“Kita berharap di setiap kantor pengawas pemilu memiliki buku undang-undang tentang pelaksanaan pemilihan umum, perbawaslu dan PKPU, sehingga kita bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” pesan Muhajirin.

Pertemuan dengan Panwaslu dan Bawaslu Kabupaten, ini memberikan banyak manfaat, para pengawas pemilu ditingkat bawah diberikan penguatan dalam melakukan pengawasan. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply