Hampir Roboh Rumah Warga Dusun Sabbang Loang, Perhatian Pemerintah Desa Dinantikan

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Miris kehidupan Ekhy warga Dusun Sabbang Loang, Desa Sassa’ Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara yang tinggal bersama isteri dan anaknya 2 orang di gubuk yang hampir roboh.

Kondisi tempat tinggal Daeng Ekhy, sangat-sangat memprihatinkan, saat jurnalis media ini bertandang ke dusun Sabbang loang, atas informasi dari tetangganya Nyeng, Kamis, 6/12/2018.

Gubuk Ekhy yang hanya sebagai kulih pekerja kebun, yang menunjukkan keprihatinan terhadap Ekhy. Bertahun-tahun kondisinya seperti itu tanpa mendapatkan perhatian pemerintah setempat.

” Program bantuan bedah rumah sudah ada di Luwu Utara, tetapi kadang salah sasaran karena yang dapat itu orang mampu bukan orang yang betul-betul layak mendapatkan bantuan,” ujar Nyeng pada media ini, bahwa rumahnya 4×4 meter.

pembangunan dan bantuan bisa tepat sasaran jika semua pihak terlibat didalamnya.

” Pembangunan akan berjalan dengan baik kalau semua stakeholder terlibat dalam perencanaannya. Perencanaan harus dimulai dari bawah minimal pada saat pemilihan kepala desa kita harus tahu visi dan misi dari calon Kepala Desa. Kemudian perencanaan selanjutnya adalah Musyawarah Dusun,” jelas Nyeng.

Setelah itu, lanjutnya adalah musyawarah pembangunan desa. Jadi idealnya perlu keterlibatan masyarakat dalam musyawarah tersebut. Masyarakat harus pro aktif untuk memberikan masukan karena kalau tidak aktif maka kebutuhan masyarakat tidak akan terdeteksi oleh pemerintah.

Ditelepon Kepala Desa Sassa’ Mukmin Mahmud, soal warganya yang rumahnya miris, mengatakan kami sudah daftarkan ke Kecamatan selanjutnya ke Kabupaten untuk bedah rumah, itu hanya sebatas kemampuan saya,” tutur Kepala Desa Sassa’ yang akrab disapa Juragan dibalik telepon celularnya, seraya menambahkan ada 10 warga yang kami usulkan untuk bedah rumah yang betul-betul layak, didaftar itu ada namanya Ekhy.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply