Pastikan Hak Warga Tersalur, KPU Lutra Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih di Fun Run 10K

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Dalam rangka menggencarkan sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara melakukan sosialisasi GMHP dengan menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Utara (Lutra), Polres, Dandim 1403 Sawerigading Palopo, Bawaslu di kegiatan Fun Run 10K Sungai Rongkong di Desa Pararra Kecamatan Sabbang, pada Minggu, 14/10/2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Utara H. Syamsul Bachri mengatakan bahwa hak pilih setiap warga negara dijamin oleh konstitusi dalam proses demokrasi di Indonesia. sehingga KPU RI merilis Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP)

GMHP ini lanjut Syamsul merupakan upaya KPU untuk terus mendorong kesadaran warga negara yang memiliki hak pilih. Agar mereka di momentum Pemilu 2019 tidak kehilangan hak pilih karena untuk dapat memilih setiap orang yang memenuhi syarat harus tercatat dan terdata dalam daftar pemilih.

“Jadi gerakan melindungi hak pilih ini adalah gerakan sosial untuk memastikan setiap warga yang memiliki hak, telah terdaftar sebagai pemilih. Walau sebenarnya KPU sudah menetapkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Gerakan melindungi hak pilih ini untuk memastikan setiap warga yang memiliki hak yang dimulai sejak tanggal 1 sampai 28 Oktober 2018 “Jelas Syamsul.

Dikatakanya bahwa untuk memastikan Anda telah terdata sebagai pemilih agar datang ke kantor desa/kelurahan, di sana ada pengumuman print-out daftar pemilih setiap wilayah desa/kelurahan. Bisa juga langsung ke kantor KPU Lutra atau cek di website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, masukkan nama dan NIK anda atau unduh aplikasi mobile berbasis android, KPU RI PEMILU 2019 lalu cek data anda serta keluarga. Nomor dan letak TPS akan tertera di sini,” ajak Syamsul.

GMHP sesuai dengan petunjuk KPU, mendata pemilih yang belum masuk DPT memperbaiki data pemilih yang keliru menghapus pemilih ganda (TMS). Sehingga kata Syamsul melalui kegiatan Fun Run10K, KPU Lutra telah membuka posko layanan bagi warga untuk mengecek secara langsung apakah sudah terdaftar.

Ditempat yang sama Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani mengatakan bahwa kegiatan GMHP ini adalah gerakan memiliki misi penting untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019. Sebagai inovasi untuk melindungi hak pemilih warga. Untuk itu kata Indah mari kita dukung agar gerakan ini sampai kepada masyarakat luas.

Indah menghimbau kepada seluruh masyarakat Luwu Utara untuk proaktif mengecek namanya apakah sudah sudah ada dalam DPT atau belum, jika belum terdaftar silahkan datang ke Posko layanan pemilih yang dibentuk KPU di desa, kelurahan dan kecamatan agar bisa di daftarkan sebagai Pemilih. Kita berharap semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih bisa menyalurkan hak pilih pada Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang, ungkap Indah.

Kegiatan ini diawali dengan deklarasi pemilu damai, aman, dan sejuk oleh Bupati Luwu Utara, Kapolres, Dandim 1403 Sawerigading Palopo, Ketua KPU Syamsul Bachri, Ketua Bawaslu Muhajirin, serta sejumlah tokoh, Agama, Masyarakat, Pemuda dan ribuan peserta yang ikut dalam kegaiatan tersebut. (yustus/ri)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply