Satpol PP Damkar Luwu Utara Penegak Perda Terbaik di Sulsel Diapresiasi Ketua Umum IKAT Lutra

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)Luwu Utara dibawah kendali, Plt H. Aspar Syafar mempunyai  tugas membantu Kepala Daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah  yang tenteram, tertib, dan teratur  sehingga penyelenggaraan roda  pemerintahan dapat berjalan dengan  lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

Hal ini diapresiasi Ketua Umum IKAT Luwu Utara, Ir Marthina Simon,M.Si dan sekaligus Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang akrab disapa Indo’, pada media ini, Selasa malam dikediamannya, 9/10/2018.

” Satpol PP dan Damkar tutur H.Aspar selaku Plt Kadis Satpol PP Damkar, melalui Sekretaris KTU dan Kepegawaian, Irfan Baharuddin mengatakan, kami dituntut untuk selalu menegakkan kebijakan pemerintah daerah lainnya yaitu peraturan kepala daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dasar hukum tentang tugas dan tanggung jawab Satpol PP adalah PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah melaksanakan tugas dan fungsi berdasarkan peraturan pemerintah daerah.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyisir sejumlah pelaku usaha yang disinyalir tidak mengantongi ijin resmi dan menyisir pembuat dan penjual miras jenis ballo”.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kewenangan dan fungsi Satpol PP dalam Penegakan Perda terkait ijin usaha Pertokoan dan surat ijin usaha. Operasi tersebut dilalukan dalam sepekan terakhir.

“Jadi, bentuk operasi ini berupa pemeriksaan Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Kewajiban Pajak, dan Reklame serta Surat lelengkapan administrasi lainnya,” tuturnya.

H.Aspar menambahkan, operasi penegakan Perda itu merujuk pada Perda No.15 Tahun 2015 Tentang Retribusi dan Pemakaian Kekayaan dan Perijinan ini, akan menyasar sejumlah Pelaku usaha di Kabupaten Luwu Utara. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply