Masyarakat Dusun Pangalli dan Kader Posyandu Merpati Putih Harapkan Sentuhan Pemerintah Desa dan Pihak Lain

banner 468x60)

MasambaNews,.Luwu Utara, – Posyandu Merpati Putih di Dusun Pangalli, Desa Dandang Kecamatan Sabbang Luwu Utara, para kader mereka pro aktif bersih-bersih dan mengecat Posyandu. Dimana Posyandu ini dibangun oleh warga dengan swadaya.

” Sekedar diketahui Posyandu ini didirikan dengan kesadaran warga. Makanya tak pernah ada bantuan dari pemerintah setempat,” ujar Kader Posyandu Merpati Putih, Kory Sapan pada media ini, Kamis, 10/10/2018.

Posyandu Merpati Putih di dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara berbenah dengan swadaya masyarakat ditempat itu. Karena ini merupakan sebuah bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), maka kami masyarakat dan kader mengharapkan sentuhan dari Pemerintah Desa dan swasta atau anggota DPRD.

Setiap tanggal 17 dalam satu kali setiap bulan, ibu yang memiliki bayi atau Balita akan datang ke Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu Merpati Putih.

Seluruh kegiatan Posyandu dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan tujuan utama menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Maka, selain mendapat layanan kesehatan, masyarakat berkesempatan memberikan layanan dengan berpartisipasi sebagai kader. Fungsi pemberdayaan masyarakat, terutama pemberdayaan perempuan, begitu nyata di Posyandu ini.

Kegiatan posyandu yang terdiri atas layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, perbaikan gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare punya peran penting untuk menyehatkan masyarakat. Jika ditarik lebih jauh lagi, Posyandu berperan penting dalam indeks pembangunan manusia (IPM), yaitu tolak ukur keberhasilan suatu negara dalam meningkatkan kualitas penduduknya.

Program Mitra Desa Mandiri (PMDM) memberi dukungan terhadap pembangunan dan revitalisasi Posyandu sejak awal program tersebut digulirkan pada 2013.

Seluruh desa di Kecamatan Sabbang memiliki program revitalisasi Posyandu yang sumber dananya diambil dari PMDM, mulai dari rehab ringan, rehab berat, penambahan ruang dan fasilitas, penataan halaman, hingga melengkapi peralatan dan pelatihan kader. Tapi sayangnya Posyandu Merpati Putih di Dusun Pangalli Desa Dandang tidak pernah ada sentuhan atau perhatian dari pemerintah desa setempat, hanya mengandalkan swadaya masyarakat di dusun itu dalam setiap ada pesta, baik itu Syukuran dan Penguburan orang meninggal disitu ditarik sumbangan natura.

” Warga Dusun Pangalli Desa Dandang mengharapkan sentuhan revitalisasi untuk posyandu mereka dari pemerintah Desa Dandang untuk belikan rang pengganti dinding papan dan pengecetan atap seng yang sudah karatan,” harap kader Posyandu Merpati Putih.

Semua ini demi mendekatkan dan mengoptimalkan layanan ibu-ibu hamil dan anak balita di Posyandu Merpati Putih. Sekedar di ketahui selama ini Posyandu Merpati Putih dibangun hampir 9 tahun lalu, belum ada perhatian dan sentuhan dari pemerintah Desa,” pungkasnya. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply