LSM Waslit Usulkan Hari Raya Hutan

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Indonesia sudah punya Hari Nasional Menanam Pohon. Nah untuk ajak masyarakat giat menanam. Ada pula Hari Cinta Puspa dan Satwa agar peduli flora dan fauna. Bahkan ada Hari Rimbawan untuk mengapresiasi para penjaga hutan. Tapi tahu kamu ternyata Indonesia belum punya hari khusus untuk rayakan kekayaan hutan Indonesia dan pentingnya menjaga hutan?

” Hal ini diusulkan Sekretaris LSM Wahana Advokasi Lingkungan Terpadu (Waslit) Luwu Utara, Mukhlis pada media ini, 4/10/2018.
Kenapa Indonesia tak punya Hari Hutan Indonesia, padahal Indonesia punya hutan hujan tropis ketiga terluas di dunia dan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia?,” tutur Mukhlis.

Memang sudah ada Hari Hutan Internasional yang diperingati di seluruh dunia tiap 21 Maret. Tapi dengan ditetapkannya Hari Hutan Indonesia, berarti ada satu hari khusus dalam setahun di mana semua mata, pikiran, dan usaha masyarakat Indonesia ditujukan untuk menjaga hutan agar tetap kaya dan bermanfaat bagi semua.

Ada unsur kebanggaan dan semangat menjaga hutan dalam perayaan itu.

Muhklus menambahkan, lebih dari 70 juta penduduk Indonesia hidup bergantung dari hutan untuk sumber makanan dan penghidupan. Hutan menyokong kebutuhan air untuk jutaan hektare lahan pertanian. Hutan juga menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah bencana banjir dan longsor. Hutan pun erat dengan beragam budaya Indonesia. Tanpa hutan, Indonesia tidak akan sekaya dan seberagam yang kita kenal sekarang.

Kita perlu diingatkan selalu bahwa hutan kita terancam. Dimana tahun 2017, kita kehilangan 479.000 hektare hutan, baik karena pembukaan lahan yang terencana untuk industri maupun yang tidak terencana karena kegiatan ilegal atau kebakaran hutan. Usaha penghijauan dengan menanam pohon memang telah dilakukan, tapi hasilnya jauh dari luas hutan yang hilang, juga perlu waktu lama untuk pulih.

” Saatnya beraksi kawan, ajak dengan semangat, mari kita sama-sama minta pemerintah tetapkan Hari Hutan Indonesia sebagai komitmen menjaga hutan kekayaan masa depan kita,” imbuh Mukhlis yang juga Ketua Panwas Kecamatan Sabbang.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply