Tingkatkan Pelayanan, Kader Posyandu Lansia Dilatih se Kecamatan Sabbang

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara – Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan maupun pelayanan sosial lainnya, UPTD Puskesmas Kecamatan Sabbang,Luwu Utara,  menggelar bimbingan teknis bagi para kader posyandu lansia sekecamatan Sabbang, Selasa, 14/8/2018.

Sekitar 20 posyandu lansia yang tersebar di 19 Desa dan satu kelurahan sekecamatan Sabbang mengikuti kegiatan tersebut.

Hairul Muslimin SKM, Kepala UPTD Puskesmas Sabbang, menjelaskan, peran kader posyandu sangat penting bagi kelancaran pelayanan kesehatan secara cepat dan akurat kepada masyarakat.

“Mereka berada dalam barisan terdepan untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatan masyarakat dilingkungan sekitarnya untuk kemudian disampaikan kepada bidan wilayah untuk ditindaklanjuti ke tingkat berikutnya,” kata Muslimin.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Luwu Utara, Anjas Rusli, S.Si, M.Kes mengungkapkan bahwa, bimbingan tehknis menjadi salah satu kegiatan untuk peningkatan kemampuan para kader dalam memberikan pelayanan kepada lansia.

Menurutnya, bimtek yang digelar hari ini merupakan kegiatan penyegaran bagi para kader dalam melaksanakan tugas di posyandu lansia, khususnya dalam hal manajemen kegiatan.

“Diantaranya tentang teknik penimbangan yang baik dan benar, cara mengukur dan menghitung indeks massa tubuh, dan lainnya. Diharapkan pasca kegiatan, para kader posyandu bekerja secara sukarela dan tanpa kenal lelah,” tutur Anjas.

Pasalnya, pengamatan pihak, selama ini respon lansia terhadap keberadaan posyandu cukup bagus. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkumpul dengan lansia lainnya sesuai jadwal yang ditentukan.

Selain mengikuti pemeriksaan kesehatan, seperti cek gula darah, kadar asam urat, mereka menggunakan momen itu untuk bersilaturahmi dengan teman-temannya. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply