Kepala UPT Puskesmas Sabbang Jamin Imunisasi Measles Rubella Aman

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Polemik dampak yang ditimbulkan pasca Imunisasi Rubella sudah bergulir di media dan media sosial pasca dicanangkan secara nasional oleh Kementerian Kesehatan. Sejumlah warga menyampaikan keluhan dan penolakan terhadap program imunisasi MR ini. termasuk dikalangan pengguna media sosial di Tana Toraja, Tana Luwu terkhusus di Luwu Utara.

Menanggapi hal itu, Kepala UPT Puskesmas Sabbang, Hairul Muslimin, SKM, pada media ini diruangannya, Senin, 13/8/2018.

Kepala UPT Puskesmas Sabbang Kabupaten Luwu Utara, menjamin Program Nasional Imunisasi Measles Rubella (MR) ini aman bagi masyarakat. Jaminan aman ini diutarakan oleh Hairul.

Hairul Muslimin, SKM, mengatakan secara umum tidak ada gejalah yang signifikan yang bisa ditimbulkan dari Vaksin MR , sehingga issu -issu yang beredar tidak usah terlalu dipercaya.

Hairul mengatakan, sejak tahapan sosialisasi dilakukan, Dinas Kesehatan sudah menghimbau masyarakat agar nantinya segera melaporkan jika ada gejala yang timbul pasca Imunisasi MR namun hingga hari ini sejak dicanangkan 1 Agustus 2018 lalu, Program Imunisasi MR di Kecamatan Sabbang belum ada laporan keluhan masyarakat yang diterima UPT Puskesmas Sabbang terkait dampak yang ditimbulkan.

” Hairul mengatakan, sebenarnya kalau dilihat di TV, penolakan dari masyarakat itu bukan karena dampak vaksin pasca imunisasi melainkan penolakan karena keyakinan soal issu kandungan Vaksin, namun itu sudah diluruskan Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

“Sampai saat ini hampir seluruh masyarakat Kecamatan Sabbang terkhusus di Bumi Lamaranginang sebutan Kabupaten Luwu Utara, menerima program ini, tapi kalau ada yang ragu kami akan langkahi sampai benar-benar mau di imunisasi karena walaupun ini sifatnya wajib namun tidak ada paksaan dilapangan,” ungkapnya.

Hairul mengaku gejala seperti demam, mual, dan pembengkakan bisa saja diakibatkan oleh gangguan kesehatan lain, misalnya stres atau terjadi benturan tapi bukan merupakan akibat langsung dari pemberian vaksin MR.

Meski begitu, Kami Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara terkhusus UPT Puskesmas Sabbang tetap akan memantau proses dilapangan dan apabila ada keluhan atau gejalah yang timbul pasca Imunisasi agar segera dilaporkan ke pusat pelayanan kesehatan atau ke Puskesmas Sabbang dan ke Bidan Desa.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply