PPL Harus Berwawasan SMART

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengadakan kegiatan penyusunan program penyuluh pertanian tingkat Kabupaten tahun 2019.

Kegiatan ini berlangsung di Aula hotel Remaja Indah, Selasa, 31/7/2018. Salah satu konsep yang terkenal untuk merumuskan tujuan secara efektif adalah konsep S.M.A.R.T  (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely).

” Konsep ini pertama kali digunakan oleh George T. Doran pada tahun 1981. Mungkin Anda juga tidak asing dengan konsep SMART ini, namun barangkali masih belum terbiasa menerapkannya,” ucap Armiady Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, pada media ini.

Hadir dalam kegiatan penyusunan programa penyukuhan pertanian tersebut, Bupati Luwu Utara, Hj.Indah Putri Indriani, Ketua KTNA,Ramli dan para Kepala perangkat daerah Luwu Utara.

Bupati Indah Putri Indriani dalam arahannya mengemukakan, bahwa tujuan yang kita akan tetapkan tetapkan harus jelas dan spesifik. Jelas akan membantu menguraikan apa yang akan Anda lakukan, sedangkan spesifik akan membuat segala upaya Anda fokus pada target yang akan dicapai.

” Apa yang ingin Anda capai haruslah bisa diukur, misalnya seberapa kuat, seberapa sering, seberapa banyak, atau seberapa dalam tujuan yang di tetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu Anda akan berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai Anda menetapkan tujuan yang tidak mungkin Anda capai,” tuturnya.

Sedangkan untuk realistis atau masuk akal adalah hal lain yang harus dipenuhi oleh tujuan yang ingin di capai. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit sehingga tidak mungkin kalian capai atau membuat tujuan yang tidak sejalan dengan keinginan atau hasrat hati kalian PPL.

” Kita harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, Anda akan terpacu untuk segera melalui tindakan,” tantang Bupati pertama perempuan di Sulsel ini.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply