Kepala Desa Batu Alang Berusaha Sejahterahkan Warganya

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, –  Proses pembangunan di daerah pedesaan sangat- sangat ditentukan oleh seorang pemimpin di desa itu. Kepala Desa( Kades) dalam hal ini sangat berperan jika mampu menganalisa suatu kebijakan untuk dituangkan dalam program pembangunan,  baik fisik maupun non fisik.  Bagaimana menyejahterahkan warga desa? Pertanyaan ini selalu memotivasi Kepala Desa Batu Alang, Mustamin yang akrab disapa Phupus. 

” Selaku pemimpin di desa yang ada di wilayah Kecamatan Sabbang yang diberi nama dari Kabupaten Kampung Pariwisata Kakao, ia selalu siap menyejahterahkan warga.  Ketika ditemui di kantornya, Senin 16/7/2018, Phupus sangat kecewa dan geram soal bantuan Pemerintah pusat dari Kementerian Komunikasi (dulu,red) saya belum menjabat Kepala Desa kala itu ada bantuan, yakni Pemasangan Telepon Desa dari satelit. Selama dipasang tidak pernah berfungsi dan ini mubazir,” ucapnya.

Olehnya itu saya bersama Ketua BPD Desa Batu Alang, Syabir Nusu mengusulkan kepada pemerintah,” apakah telepon desa ini bisa kami lakukan suatu terobosan untuk merakit dijadikan Internet di Desa dari satelit. Dan untuk itu, apakah bisa kami programkan di APBDes atau Dana Desa untuk perakitan Internet dari Satelit, atau pemkab memberikan arahan atau pandangan halam hal ini,” ujar Phupus dan Ketua BPD Batu Alang, Syabir Nusu yang akran dipanggil Ucok. 

Phupus nengaku dalam melaksanakan tugas tidak pandang bulu. Siapapun warga yang membutuhkannya,ia selaku siap memberikan pelayanan kepada warganya yang mana warga Bugis 99,9%, kapan dan dimanapun. 

Menurut pantauan media ini di desa Batu Alang, desa ini indah dan tertatah dengan rapi dan tidak ada kalah dari desa yang ada di Kecamatan Sabbang,maklum Kepala Desa ini orangnya seniman. Dan baru-baru ini Desa Batu Alang dikunjungi Wantimpres, anggota DPR RI dan Dinas Pertanian yang membidangi perkebunan dan juga di HUT Bhayangkara ke-72 meraih juara 1 Lomba Desa Aman se Luwu Utara.

 Saat ditanya resepnya, sehingga bisa nenggerakkan partisipasi warga dalam pembangunan dan gotong royong yang setiap hari Sabtu rutin bekerja. Phupus mengatakan, pendekatan itu sangat penting,” Warga itu harus selalu di datangi dan disapa,” ujarnya. 

Desa Batu Alang pantas jadi desa percontohan karena tertata rapi setiap batas dusun ada batas pintu gerbangnya, juga kantor BPD yang indah dan disampingnya Kantor Bumdes. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa, potensi pekerjaan pokok warga adalah berkebun kakao. ( yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply