Ketua LSM Waslit Luwu Utara Mengapresiasi PKPU Nomor 20

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, –  Ketua LSM Wahana Advokasi Lingkungan Terpadu(Waslit) Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jalisman menyampaikan pada media ini, Senin, 16/7/2018.

Jalisman mengapresiasi atas terbitnya PKPU 20 Tahun 2018 yang merupakan momentum positif bagi proses memperketat seleksi bakal calon legislatif.

” Kami Pengurus LSM Waslit Luwu Utara, mengapresiasi KPU yang telah memperketat syarat bakal calon legislatif mulai dari Kabupaten, Provinsi dan Pusat, yakni bukan mantan narapidana, apalagi mantan narapidana koruptor Lingkungan hidup dan kehutanan, karena disitulah kami LSM Waslit berkecimpung sebagai advokasi. Bandar Narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi,” ujarnya pada media ini(16/7).

Dalam PKPU nomor 20 tahun 2018 tersebut pada pasal 4 ayat 3 disebutkan dalam seleksi bakal calon secara demokratis dan terbuka sebagaimana dimaksud pada ayat(2), tidak menyertakan mantan terpidana, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi.

Dengan adanya syarat itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif memantau dan menilai caleg-caleg yang diusulkan partai politik.

” Lalu seperti apa, bila dikemudian hari ada Parpol yang tetap mencalonkan legislatifnya mantan terpidana tiga kejahatan itu?,” seraya menambahkan saya kira ada nanti tanggapan dan masukan masyarakat dan tentu kita warga juga melakukan klarifikasi terhadap dugaan-dugaan seperti itu,” pesan Koordinator PKH Kabupaten Luwu Utara ini.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply