Ir Suaib Mansyur : Jalan Poros Sabbang-Seko Bukan Kewenangan Pemkab Luwu utara

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara,  – Jalan Poros Sabbang-Seko yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat,  merupakan kewenangan  Pemerintah  Propinsi Sulawesi Selatan.

Hal diungkapkan Kepala  Dinas PURR Ir Suaib Mansyur melalui Sekretaris PUPR Alwi, Rabu, 11/7/2018.  

” Hal ini terkait dengan adanya tanggapan dari sejumlah masyarakat di media sosial terkait jalan poros Seko yang berlumpur tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Ini perlu kami jelaskan terkait kewenangan antara pusat, provinsi  dan kabupaten,”  terang Alwi. 

Menurutnya  , Jalan poros mulai dari Desa Mari Mari Kecamatan Sabbang sampai Desa Bungadidi Kecamatan Tana LIli merupakan kewenangan Pemerintah pusat yang ditangani Balai Jalan Nasional,  selanjutnya  jalan poros Sabbang Seko Tallang Sae berbatas dengan Kabupaten  Mamuju merupakan kewenangan Pemerintah  Provinsi Sulawesi selatan,   dan sisanya  merupakan kewenangan  pemerintah  kabupaten Luwu utara,” ujar Alwi.

 

Hal ini perlu  kami jelaskan agar masyarakat mengetahui kewenangan setiap  pemerintahan,  mulai pusat, propinsi  hingga kabupaten. 

Namun,  ungkap Alwi  pemerintah  Kabupaten  Luwu Utara tidak pernah diam melihat kondisi jalan yang ada di Seko,  kami selalu melakukan kordinasi ke pemerintah propinsi terkait jalan tersebut.  

Masih kata Alwi,  menurut  informasi dari UPTD Jalan pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan,  bahwa pemerintah propinsi Sulawesi Selatan telah menganggarkan perbaikan jalan Sabbang Tallang Sae sebesar Rp 24 Milyar,  namun dalam perjalanan pengadaan  jalan tersebut sudah tiga kali dilakukan lelang, tetapi tidak ada satu pun penyedia jasa yang berminat untuk mengikuti tender, dengan kata lain tidak ada penawar. 

Karena itu setelah berkoordinasi dengan pemerintah  pusat, dilakukan revisi kegiatan, 2 km penanganan di awal ruas sabbang-tallang sae, kemudian 10 km rabat beton lanjutan dari jalan yang terakhir di rabat dari ruas yang sama dan 2 km penanganan titik yang paling parah di mabusa,  perubahan item kegiatan ini baru ada penawar dan  pemenangnya telah ditetapkan pada tanggal 29 Juni lalu.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply