Hari Ke DelapanPendaftaran Bacaleg 2019 Sepi , Ini Komentar Ketua KPU

banner 468x60)

MasambaNews, Luwu Utara, – Berdasarkan ketentuan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 serta Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, bersama dengan itu, maka KPU kabupaten Luwu Utara mulai 4/7/2018 resmi menerima Bacaleg pendaftaran bakal calon DPRD, dan sampai hari ini(hari ke 8) masih sepi pendaftaran.

” Yakni dalam tenggang waktu selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 17 Juli 2018. Pada hari pertama sampai hari ke-tiga belas, pendaftaran dibuka pada pukul 08:00 sampai 16:00 WIB. Dan pada hari terakhir yaitu tanggal 17 Juli pendaftaran dibuka seperti biasanya, namun sampai pukul 24:00 Wita,” ucap Ketua KPU Luwu Utara, H.Drs Syamsul Bachri pada media ini, 11/7/2018.

Ketentuan pengajuan bakal calon oleh Partai Politik (Parpol) lanjutnya, dilakukan hanya satu kali pada masa pengajuan. Parpol wajib memasukkan data pengajuan bakal calon ke dalam System Aplikasi Pencalonan (SILON). Selanjutnya syarat pengajuan bakal calon, diajukan oleh pimpinan Parpol, dari kepengurusan yang sah sesuai dengan tingkatannya. Sementara, jumlah bakal calon paling banyak 100 % (Seratus Persen) dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

Disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap Dapil-nya. Di setiap Dapil, bakal calon pada susunan daftar calon, wajib terdapat paling sedikit 1 orang bakal calon perempuan.

Adapun ketentuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara, warga negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan. Antara lain, telah berumur 21 tahun atau lebih terhitung sejak penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bertempat tinggal di wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia (RI). Dapat berbicara, membaca, dan/atau menulis dalam bahasa Indonesia. Berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah Aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah Aliyah kejuruan, atau sekolah lain yang sederajad. Setia kepada pancasila, Undang-undang dasar negara RI tahun 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperolah kekuatan hukum tetap yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Kecuali mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pemidanaannya, bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang dan bersedia secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada public. Atau terpidana karena kealpaan ringan atau secara alasan politik yang tidak menjalani pidana dalam penjara, dan bersedia secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada public. Yang Bukan mantan terpidana Bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.

Sehat jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Terdaftar sebagai pemilih, mempedomani ketentuan Pasal 8, Pasal 11, dan Pasal 12 Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Formulir pengajuan bakal calon dan formulir bakal calon dapat diunduh dari aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Seluruh dokumen dibuat dalam 1 rangkap. Dokumen dimasukkan dalam map masing-masing dengan menuliskan nama Parpol dan Dapil dengan huruf kapital pada bagian luar map. Dokumen surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif sebagai pemenuhan syarat, diperoleh dari Puskesmas atau Rumah Sakit Pemerintah.

”Pendaftaran terhadap bakal calon DPRD sudah dimulai tanggal 4/7/2018 lalu, dan dibuka selama empat belas hari kedepan. Khusus hari terakhir pendaftaran sampai dengan jam 24:00 WIB. Kita berharap pendaftaran tidak ada kendala, dan kalau bisa parpol menyerahkan berkas pendaftarannya, dan sampai hari ini masih sepi,” tutur Syamsul Bachri. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply