Para Petani Kakao Antusias Sambut Kedatangan Direktur Jenderal Perkebunan dan Watimpres di Desa Batu Alang

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, – Para petani Kakao di Kecamatan Sabbang antusias menyambut kedatangan Watimpres bapak Jan Darmadi, anggota komisi IV DPRI HM Luthfi A Mutty, Fadholi direktur jenderal perkebunan Ir Bambang, MM Mayjen Purn IGK Manila, Kepala Badan penelitian dan pengembangan pertanian Dr Ir Muh Syakir M,S dan Wakil Bupati Luwu Utara Muh Thahar Rum SH akan menitipkan harapan kepada Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk membantu dan mengembalikan kejayaan kakao selama ini tenggelam naik lagi butuh perjuangan bisa segera direalisasikan.

Hal ini dikemukakan petani Kakao di Desa Batu Alang yang juga Kepala Desa Batu Alang Mustamin, selain tenggelam muncul lagi kakao di Luwu Utara.

Kepala BPD Batu Alang, Syabir juga berharap Wantimpres dapat menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun pabrik kakao di Kabupaten Luwu Utara mengingat potensi kakao di daerah ini sangat besar namun rakyat sampai sekarang baru bisa menjual kakao biji kering.

 

“Dan kedatangan Wantimpres ke Desa Batu Alang, hari ini tanggal 10/7/2018. Atas nama masyarakat nantinya usul kami kepada Wantimpres mohon disampaikan kepada Bapak Presiden agar di Sulawesi Selatan terkhusus di Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dibangun Pabrik kakao, karena potensi kakao di daerah ini cukup melimpah,” ujar Syabir Ketua BPD, yang juga petani kakao.

Dulu katanya, Luwu Utara adalah penghasil kakao satu-satunya di Sulsel namun sejak beberapa tahun terakhir, tingkat produktivitas tanaman kakao mengalami penurunan disebabkan beberapa faktor, di antaranya serangan hama, usia tanaman sudah tua, pola budidaya yang masih tradisional serta terjadinya fluktuasi harga kakao.

Kunjungan tim Wantimpres ke wilayah kami dalam rangka menggali informasi terkait masalah dan hambatan dalam pengembangan perkebunan kakao dan jagung.

Dalam kunjungan ini, Wantimpres rencana memboyong anggota komsi IV DPR RI Luthfi Andi Mutty, dan Fadholi, Dirjen perkebunan Kementerian pertanian bapak Ir.Bambang, MM, Kaban litbang kementerian pertanian Dr.Ir.Muh Syakir M.S.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply