Plt Kasatpol PP Damkar Dasar Pembentukan Pos Siskamling

banner 468x60)

Masambanews, Luwu Utara, – Warga Dandang melakukan gotong royong mendirikan Pos Kamling di Desanya dalam rangka persiapan lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Plt Kasatpol PP Damkar Luwu Utara, Drs H.Asfar melalui KTU Satpol PP Damkar Irfan Baharuddin mengatakan, Dasar Pembentukan Pos Siskamling adalah melalui, UUD 1945 pasal 30 ayat (1) : tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan  keamanan negara.

UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian NKRI pasal 3 ayat (1) huruf (c) : pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian NKRI  yang dibantu oleh Kepolisian Khusus (Polsus), PPNS dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa lainnya (Poskamling).

” Siskamling adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat rukun tangga dalam rangka menumbuhkan kesadaran terhadap warganya tanpa paksaaan untuk menciptakan situasi aman, nyaman dan tenteram (kondusif) dengan jalan ronda kampung secara bergiliran/terjadwal sesuai hasil musyawarah/kesepakatan,” ucap Drs H.Asfar melalu KTU Satpol PP Damkar Irfan Baharuddin pada media ini, Minggu 8/7/2018 diselah-selah istirahat pendirian Pos Siskamling di Desa Dandang.

” Tujuan Siskamling di Desa Dandang adalah mencegah secara dini terjadinya kriminalitas atau pelanggaran hukum lain di lingkungan masyarakat rukun tangga sehingga tercipta keamanan yang nyaman, tertib dan tenteram (kondusif) sehingga warga merasa terlindungi, terayomi dan terlayani jiwa, raga dan harta benda serta bisa melaksanakan aktifitas tanpa perasaan was-was, apalagi jelang Pemilu Pilpres dan Legislatif 2019.

Untuk mewujudkan  tujuan siskamling dalam menyongsong penilaian lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Selatan(Sulsel), Desa Dandang terdapat 5 Pos Kamling yang tersebar di 5(lima) dusun.

Lomba bukan sebagai tujuan akan tetapi sebagai usaha untuk mewujudkan siskamling yang lebih baik. Apresiasi itu kurang lebih yang layak  diberikan atas semangat warga Desa Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. 

Dan semoga bisa menjadi contoh warga masyarakat di wilayah Kecamatan Sabbang dalam meningkatkan siskamling.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply