164 Warga Binaan Rutan Masamba Ikut Pesantren Kilat Ramadan

banner 468x60)

Masambanews.com, Luwu Utara – Sebanyak 164 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II.B Masamba mengikuti Pesantren Kilat Ramadan yang dipusatkan di Aula Rutan Masamba Kecamatan Mappedeceng. 164 warga binaan ini terdiri dari 156 laki-laki dan 7 wanita. Pesantren Kilat yang mengangkat “Warga Binaan Menuju Surga” ini merupakan kegiatan kerjasama antara Kementerian Agama Luwu Utara dan Rutan Masamba, dan dilaksanakan selama dua hari, 5 – 6 Juni 2018.

Kepala Rutan Masamba, Efendi Wahyudi, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Kilat Ramadan merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya Rutan Masamba. “Kegiatan ini baru pertama kali kita lakukan sejak Rutan ini berdiri. Untuk itu, mulai tahun ini kita akan jadikan agenda rutin tahunan setiap Bulan Ramadhan tiba,” ucap Efendi.

Efendi mengatakan, Pesantren Kilat Ramadhan merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian atau keagamaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan, sekaligus mempererat ikatan tali silaturahmi dengan sesama warga binaan. “Dengan kegiatan ini, kami berharap, salepas menjalani pidana, mereka bisa menjadi manusia yang sadar dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Dan yang paling penting, mereka tidak mengulangi perbuatannya,” tutur Efendi.

Para santri dari warga binaan yang ikut Pesantren Kilat Ramadan, sepanjang kegiatan berlangsung akan diberikan beberapa materi pelajaran keagamaan, di antaranya Aqidah dan Akhlak, serta Cara Wudhu dan Salat. Usai menerima materi mulai pagi hingga sore, para santri ini akan berbuka puasa bersama dengan petugas dan keluarga warga binaan yang memang sengaja diundang untuk mendekatkan mereka dengan keluarganya. (yustus/hmr)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply