Agussalim Lambong Akan Kembalikan Kejayaan Kakao Jadi Ikon Bumi Lamaranginang

banner 468x60)

Masambanews.com, Luwu Utara. – Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang di Propinsi Sulawesi Selatan tercatat yang tanaman kakaonya terbilang terbesar juga di Sulsel, sehingga Kakao, pantas menjadi ikon Bumi Lamaranginang.

Hali ini dikemukakan Kepala Dinas TPHP Lutra, Ir Agussalim Lambong pada media ini, Selasa 5/6/2018.

Agussalim mengatakan, Produksi Kakao selain terbesar di Kabupaten Luwu Utara, dengan data Dinas TPHP tahun 2015 lalu dengan luas lahan 36.212 hektare tersebar di 12 Kecamatan, juga didaerah lainnya seperti Luwu Timur, Luwu, termasuk pertumbuhan kakao yang juga merupakan terbaik.

Menurutnya, Kakao akan digenjot dan pemerintah akan terus pantau pertumbuhannya. Selama ini salah satu indikasi yang mempengaruhi menurunnya priduksi kakao jarena banyaknya petani yang mengalihfungsikan kebun kakao mereka menjadi kebun tanaman lainnya.

Sehingga kami Dinas TPHP akan mengembalikan kejayaan produksi kakao dan programkan kembali pengembalian kebun kakao 40.000 hektare sampai tahun 2021, sesuai apa yang dikumandangkan Ibu Bupati Luwu Utara, Hj.Indah Putri Indriani tahun lalu.

” Agussalim mengharapkan pendapat dari beberapa stakeholder guna mendukung pengembangan agribisnis kakao yang berkelanjutan dan mengembalikan kembali jejayaan kakao di Luwu Utara,” harapnya.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply