Hore…! Dorong Petani Kekinian, KRKP Adakan Pemilihan Duta Petani.

banner 468x60)

MasambaNews, Bogor, – Untuk mendorong regenerasi petani muda di Indonesia. Oxfam bekerjasama dengan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) kembali menggelar ajang “Pemilihan Duta Petani Muda 2018”. Ajang bertajuk “Bertani Itu Kekinian” tersebut digelar untuk ketiga kalinya secara berturut-turut setelah ajang pertama yang digelar tahun 2014 dan kedua 2016, lalu.

Koordinator KRKP Said Abdullah mengatakan, ajang Pemilihan Duta Petani Muda merupakan salah satu bentuk upaya nyata untuk menarik minat kaum muda untuk kembali terjun ke dunia pertanian.

“Kami ingin memotiasi teman-teman muda untuk terjun dan bergelut di dunia pertanian, sekaligus mengubah image dunia pertanian yang selama ini dinilai tidak keren bagi anak-anak muda, padahal bertani itu sangat keren dan sangat kekinian,” kata pria yang akrab disapa Bang Ayip itu kepada media UPOS, Selasa (15/5/2018).

Pemilihan duta petani muda 2018 merupakan ajang pemilihan inspirator muda pertanian yang bertujuan untuk mendorong peningkatan minat generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian.

Dengan pemilihan duta petani muda, juga diharapkan dapat mempromosikan pertanian dan agribisnis (agripreneur) kepada orang-orang muda sebagai sumber penghasilan yang layak dan meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian Indonesia, pangkas Bang Ayib.

Selain itu, Ayip juga menegaskan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan muncul kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan petani dan pertanian, sehingga melahirkan dukungan terutama bagi agreipreneur muda.

“Selama ini di berbagai tempat sudah muncul banyak kaum muda yang berhasil di pertanian, namun sayang belum mendapatkan perhatian dan dukungan yang cukup terutama dari pemerintah,” kata Ayip.

Para peserta yang ikut nantinya akan mendapatkan pendampingan, capacity building dan pembekalan lainnya untuk semakin memajukan usaha pertanian yang mereka lakukan,” tambahnya.

Pendafaran dibuka mulai 9 mei sampai 17 agustus 2018. Untuk info lebih lengkap terkait persyaratan dan mekanisme pendaftaran. Silakan klik di: http://dutapetanimuda.id/. (Kad**)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply