Cara Unik Warga Dusun Mataram Sukamaju Sambut Ramadan

banner 468x60)

Masamvanews.com, Luwu Utara – Banyak cara menyambut datangnya bulan suci ramadan 1439 H. Jika sebagian masyarakat menyambutnya dengan rekreasi ke tempat-tempat wisata seperti yang jamak dilakukan selama ini, maka lain halnya yang dilakukan warga Dusun Mataram Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju, Rabu (16/5/2018).

Ratusan warga terlihat melakukan serangkaian kegiatan dalam menyambut datangnya bulan ramadan. Di antaranya, jalan santai yang dilakukan pada siang hari, lomba makan kerupuk, lomba gigit koin, lomba lari karung, dan lomba panjat pohon pinang. Semua lomba berhadiah jam tangan, jam dinding, kipas angin, sajadah, Al Quran, dan sarung.

Warga terlihat gembira dan bersuka cita, meski siang itu matahari terlihat liar membakar kulit. Para bocah, remaja, bahkan orang tua nampak akrab dengan terik matahari yang begitu menyengat. Semua itu karena adanya semangat kebersamaan dan kegembiraan menyambut datangnya bulan yang agung, bulan yang suci, yaitu bulan ramadan.

“Ini kali pertama kita melakukan kegiatan semacam ini. Selain untuk menjalin silaturahmi antarwarga, juga sekaligus dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” ungkap Kepala Desa Sukamaju, Muhammad Jannatu, saat ditemui di sela-sela lomba.

Sebelumnya, Camat Sukamaju, Muhammad Pajar, mengatakan, apa yang dilakukan warga dusun Mataram adalah cerminan kebersamaan yang terjalin begitu indah, sehingga ada pesan yang perlu disampaikan kepada publik bahwa silaturahmi itu harus dibangun di waktu yang tepat. “Saya kira ini momen yang tepat untuk memperlihatkan semangat kebersamaan antarwarga,” tutur Pajar. (yustus/hmr)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply