Satpol PP Damkar Mendekatkan Diri Dengan Warga, Sosialisasi Pencegahaan Bahaya Kebakaran

banner 468x60)

Masambanews.com, Luwu Utara, – Hutan merupakan aset yang tidak ternilai harganya, untuk itu harus dijaga dan dilestarikan. Masyarakat diharapkan tidak melakukan tindakan yang berakibat rusaknya kawasan hutan, membakar rumput dan tanaman perdu atau gulma misalnya, dan rumah adalah istana kita.

Hal itulah yang disampaikan Kabid Kebakaran dari Dinas Satpol PP Damkar Luwu Utara Rahmat Kusuma, bekerjasama pemerintah Kecamatan Malangke dan Malangke Barat saat sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan.

Bertempat di Kecamatan Malangke, masyarakat diberi pemahaman mengenai pencegahan kebakaran dalam penggunaan kompor LPG, dan bahaya kebakaran hutan.

“Selain terus melakukan pekerjaan fisik, kegiatan non fisik juga terus kita lakukan, maupun bahaya kebakaran yang disebabkan oleh tabung LPG yang ada di rumah warga,” ungkap Kabid Kebakaran.

Sosialisasi ini, kata Kabid kebakaran Dinas Satpol PP Damkar Rahmat Kusumah.
Untuk menghadapi musim kemarau, dengan sosialisasi ini nantinya warga tanggap dan tidak semberono menggunakan LPG, ” Jangan sampai, membakar tanaman di hutan, karena itu bahaya, apalagi memasuki musim kemarau seperti sekarang ini,”

Dia memaparkan, pada dasarnya selain bahaya kebakaran hutan, daerah tersebut juga merupakan daerah tepi hutan. Terlebih lokasinya jauh dari mako PMK. “Ini membuat penting memberikan pengetahuan pada masyarakat dalam mengatasi pemicu terjadinya kebakaran,” jelasnya.

Dia menegaskan, membakar ilalang dan dedaunan di sekitar hutan hingga menyebabkan kebakaran hutan adalah tindakan pidana sesuai UU kehutanan No 41 Tahun 1999. “Dapat dikenai ancaman hukuman pidana maksimal 15 tahun atau denda uang sebanyak-banyaknya Rp 5 miliar,” urainya.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply