Canangkan Kampung KB, Bupati Lutra: Jangan Terjebak Kegiatan Seremonial

banner 468x60)

Masambanews.com, Luwu Utara, – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan Pencanangan 20 Kampung KB yang yang dipusatkan di Desa Harapan Kecamatan Mappedeceng, Senin (14/5/2018). Meski demikian, Bupati beralias IDP ini mengingatkan agar pencanangan Kampung KB tidak dijadikan sebagai kegiatan seremonial belaka tanpa ada hasil dan tindak lanjutnya.

“Sukses tidaknya Kampung KB, tergantung sejauh mana kita bergerak setelah Kampung KB ini dicanangkan hari ini. Kita tidak hanya hadir secara fisik hari ini, karena kita ingin melihat apa yang akan kita lakukan setelah pencanangan Kampung KB. Harusnya sih lebih kencang bergeraknya,” ujar Indah mengingatkan.

“Kita ingin melihat seberapa besar gaungnya Kampung KB ini. Untuk itu, saya tekankan, kita jangan terjebak pada kegiatan seremonial belaka. Kesuksesan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) adalah tanggung jawab kita bersama” ujar Indah kembali mengingatkan.

Masih kata Indah, Kampung KB dicanangkan dengan tujuan membangun keluarga yang sejahtera dan generasi berencana. “Kalau keluarganya bagus, maka yakinlah masyarakatnya akan bagus. Kalau masyarakatnya bagus, maka yakin daerah itu juga akan bagus. Jika daerah itu bagus, maka bangsa dan negara ini juga akan bagus kualitasnya,” terang Indah.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Rini Riantika Djohari, dalam sambutannya berharap agar pelaksanaan Kampung KB dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa-desa, di dusun-dusun dan di kampung-kampung, di seluruh Indonesia, utamanya dalam menyukseskan program KKBPK

“Hakekat kampung KB adalah membumikan program KKBPK, mendekatkan pelayanan KKBPK kepada keluarga, memperkuat 8 fungsi keluarga, mengintegrasikan lintas sektor dalam memberikan pelayanan kepada keluarga, membangun rasa memiliki keluarga dan masyarakat terhadap program ini, dan membangun Indonesia dari pinggiran,” tutur Rini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP2KB), Yasir Taba, dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya pencanangan Kampung KB, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung melalui program KKBPK dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas. “Dengan kegiatan ini, kita berharap kualitas hidup keluarga dapat terus meningkat,” ucap Yasir.

Pencanangan Kampung KB sendiri terbilang cukup meriah dengan hadirnya beberapa pejabat penting, di antaranya Dandim 1403/Sawerigading Letkol Inf. M. Imasfy, Anggota DPRD Rudi Hartono, Ketua TP-PKK Luwu Utara Ny. Enny Thahar, para Staf Ahli, para Asisten, dan seluruh Kepala SKPD Lingkup Pemda Luwu Utara. Pencanangan Kampung KB juga dihiasi Penandatanganan Komitmen Program Integrasi di Kampung KB, Penandatanganan Prasasti Tugu KB, serta Simulasi Kebencanaan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (yustus/lh)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply