Empat Kode Kendaraan di Sulsel, Ini Komentar Kanit Regident Perlu Diketahui

banner 468x60)

Masambanews,Luwu Utara, – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor(TNKB) di wilayah Polda Sulawesi-Selatan yang selama ini digunakan dengan kode DD pada seluruh daerah bertambah, yakni menjadi tiga macam kode yang berbeda untuk masing-masing daerah.

” Perubahan tersebut sudah berjalan hampir enam tahun lalu(1/6/2012). Pada saat itu perpanjangan STNK dan kendaraan baru yang berlaku secara tutur fleksibel. ” Kapan saja jika pemilik kendaraan ingin mengganti nomor polisi pada daerah yang telah ditentukan agar menghubungi Samsat setiap kabupaten,”  tutur Kanit Regident Polres Luwu Utara, Ipda Muh Idris , melalui WA nya, 6/5/2018.

Menurutnya, alasan terjadinya perubahan kode tersebut, antara lain disebabkan angka jumlah pertambahan kendaraan semakin tinggi setiap bulan, karena dulu mesin cetak yang dimiliki penomorannya hanya dua digit. Jika diganti harganya sangat mahal, untuk itu hanya ditambahkan kode nomor polisi untuk wilayah yang telah ditentukan antara lain, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Maros, Pangkep, Bantaeng, Jeneponto, Bulukumba dan Selayar masih tetap menggunakan Kode DD.

Sedang untuk Kota Pare-Pare, Kabupaten Barru, Sidrap, Pinrang, Palopo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara dan Kabupaten Enrekang, dari kode wilayah DD berubah ke kode DP.

Dan untuk wilayah Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai dari DD menjadi DW.

Sementara Kabupaten Majene, Mamuju, Mamuju Utara, Polmas tetap menggunakan kode DC.

” Perubahan kode tersebut sudah berjalan selama 6 tahun, sejak 1 Juni 2012,” jelas Muh Idris.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply