Forbik Yasinan dan Manre Samampa Bersama Warga

banner 468x60)

Masambanews. Lutra, – Masyarakat Desa Pattimang Kecamatan Malangke mempunyai tradisi turun-temurun dalam menyambut bulan suci Ramadhan bulan depan yakni dengan melakukan pengajian ayat suci Alquran Surat Yasin-akrab disebut Yasinan bersama Forum Biker (Forbik) Luwu Utara. Yasinan yang dirangkaikan dengan Manre Samampa (Makan Bersama), minggu/29-4-2018 kemarin.

Kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini selain memperkenalkan kepada generasi muda bahwa leluhur Datu Pattimang yang telah menyebarkan agama Islam pertama di Tana Luwu ini, penghargaan dan penghormatannya dengan melalukan Yasinan di Makam Datu Pattimang dan makan bersama sebagai bentuk menjalin tali silaturahim. “Ini sebagai upaya memperkenalkan tradisi kepada anak-anak dan generasi muda sehingga mereka dapat mengetahuinya sekaligus dapat melestarikannya” kata Kepala Desa Pattimang, Andi Sumarni menambahkan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 malam berturut-turut.

Ketua Forum Biker (Forbik) Luwu Utara, SyahruddinUcok menjelaskan bahwa kehadiran Forbik bersama masyarakat Desa Pattimang sebagai upaya mendukung dan turut melestarikan budaya luhur masyarakat. “Kegiatan ini sangat direspon para biker. Hal ini terlihat mereka berbaur bersama masyarakat dan merupakan salah satu program yang dapat diagendakan juga dalam program kerja Wisata Religi Forbik tahun depan” kata Ucok-sapaan akrabnya. Turut hadir komunitas HSFCI, YVCI, XOLUT, VOC, CCC, ARCI, BYONIC, AVCI, LutraMO dan komunitas CMC.(ucok/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply