Panwas Kabupaten Lutra Gelar Rapat Kerja

banner 468x60)

Panwas Kabupaten Lutra Gelar Rapat Kerja

Masambanews. Lutra, – Panwas Kabupaten Luwu Utara menggelar Rapat Kerja pengawasan dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan thn 2018 dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, anggota Legislati dan DPD se-Kabupaten Luwu Timur di Aula Hotel Remaja Masamba 25 – 26/April 2018.

Kegiatan yang dihadiri Oleh para Komisioner Panwas Luwu Timur, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kasi Pidum Kejari Syarbini, Ketua Panwas Kabupaten dan Komisioner serta Komisioner kecamatan.

Rapat kerja yang berlangsung dua hari itu dilaksanakan untuk mempresentasikan kesiapan-kesiapan dan program kerja baik itu Panwas se-kabupaten Luwu Utara maupun Kepolisian dan Kejaksaan Luwu Utara. Dibahas juga mengenai langkah- langkah antisipasi dan koordinasi antar instansi dalam menjalani tahapan-tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Thn 2018 dan pemilu serentak se Indonesia.

Sementara itu Andi Syarbini Kasi Pidum Kejari Luwu Utara juga memaparkan mengenai kesiapan-kesiapan yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan berupa pembentukan posko, Penggunaan Aplikasi Instan dalam sistem pelaporan, Inhouse training, diskusi kelompok serta pengusulan para jaksa untuk mengikuti diklat Pemilu yang berpusat di Pusdiklat Kejaksaan RI.

Ketua Panwas Kabupaten Luwu Utara Muhajirin dan dua Komisioner Panwas Kabupaten secara bergantian juga melakukan pemaparan dan interaksi serta diskusi dengan seluruh komisioner panwas.

Sementara itu Bupati Luwu Utara mengatakan pemilu merupakan ikhtiar dari bangsa untuk melakukan pembenahan sebagai Negara demokrasi yang barometernya dijiwai oleh hikmat kebijajsanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan dan menjunjung tinggi nilai hukum yang berkeadilan,dan nilai-nilai keberadaban serta Bupati tak mengambil cuti dalam berkampanye.

Walaupun Kegiatan hari pertama berlangsung marathon hingga tengah malam tetapi para panelis maupun para peserta tetap fokus dan tampak antusias mengikuti seluruh rangkain kegiatan tersebut.

Muhajirin Ketua Panwas kabupaten Lutra saat diwawancarai awak media menjelaskan tujuan dari raker ini adalah untuk menyatukan persepsi, “Output dari kegiatan ini adalah seluruh panwas sekabupaten Luwu Utara punya arah yang sama, satu persepsi dan masing-masing memahami tupoksinya. Tidak ada yang melenceng, kami ini punya satu mashab yaitu Undang-Undang, peraturan juga sama yaitu bawaslu kami mengawasi KPU.

Kami harap apa yang kami sampaikan dalam raker ini bisa diimplementasikan ke wilayah masing-masing. Apalagi dengan adanya kepala sekertariat dan staff yang kami harap bisa men-support pimpinan panwas kecamatan, mereka itu adalah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan. Kami juga berharap agar Media dan juga elemen-elemen masyarakat bisa membantu dan bersinergi dengan kami dalam melakukan pengawasan. Ada yang namanya pengawasan partisipatif tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”jelasnya.

Muhklis Ketua Panwascam Sabbang yang menjadi peserta kegiatan tersebut menjelaskan kepada para awak media yang meliput kegiatan bahwa para anggota panwas Luwu Utara memang telah terbiasa bekerja dari pagi hingga tengah malam. “Sejak kami diangkat menjadi komisioner panwascam, Muhajir ketua Panwas beserta para komisioner panwas kabupaten lainnya sudah melatih dan menjelaskan serta mewanti-wanti bahwa tugas kami memang tidak mengenal waktu. Kami semua harus siap dan harus selalu stanby setiap saat untuk melaksanakan tugas-tugas kami, itu agar pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur ini bisa berlangsung dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.”

Saat penutupan Raker dihari kedua Muhajirin Ketua Panwas kabupaten Luwu Utara berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar terus waspada, fokus dan tidak kendor sedikitpun dalam melakukan pencegahan dan pengawasan. Ia juga meminta seluruh anggota panwas untuk profesional, kordinatif, disiplin, bekerja keras, solid serta menjaga harmonisasi dalam lingkungan.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply