Harisa Sandra: Mutu Pendidikan Ditentukan Masyarakat

banner 468x60)

Harisa Sandra: Mutu Pendidikan Ditentukan Masyarakat

Masambanews. Lutra, –  Ada tiga pilsr utama yang menentukan pencapaian mutu pendidikan yakni, pemerintah, sekolah, dan masyarakat.

” Menurut Kepala UPT SDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sulsel, Harisa Sandra S.Pd, ketiga pilar ini harus saling mendukung dalam rangka pencapaian mutu pendidikan pada suatu sekolah. Disebutkannya dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional(Sisdiknas), ketiga pilar ini memiliki peran yang cukup penting,” ucapnya pada media ini, 24/4/2018.

Khusus peran masyarakat(orang tua,red), lanjut Harisa Sandra, sangat dibutuhkan baik di luar maupun dilingkungan sekolah. Artinya, sebagai orang tua tidak serta merta menyerahkan anaknya kepada pihak sekolah(guru,red), akan tetapi selaku orang tua yang baik harus memantau dan mengikuti setiap perkembangan yang dialami anaknya disekolah maupun diluar sekolah.

” Disini sangat dibutuhkan adanya komunikasi yang baik antara orang tua dirumah dengan guru yang ada disekolah,” ungkap Hsrisa seraya menyebutkan disinilah dibutuhkan peran dan fungsi Komite Sekolah sebagai wadah orang tua siswa.

Lebih jauh Kepala UPT SDN 003 Pompaniki ini, menjelaskan melalui komite sekolah yang ada pada setiap sekolah, orang tua murid dapat menyalurkan aspirasinya dalam rangka memajukan dan mencapai mutu pendidikan.

” Saya juga mengharapkan agar pengurus komite sekolah tidak larut dengan adanta Dana BOS yang menyebabkan pengurusbkomite sekolah itu bersikap pasif, tidak memiliki prigram-progeam apa disekolahnya,” jelas Harisa panggilan akrab Kepala UPT SDN 003 Pompaniki.

Disebutkannya, dengan adanya dana BOS ini, seharusnya Komite Sekolah membuat program sebanyak-banyaknya untuk memajukan sekolahnya.

” Kita jangan berpikiran bahwa dengan adanya dana BOS ini, masyarakat atau orang tua siswa tidak terlibat lagi dalam masalah pendidikan. Ini merupakan anggapan yang sangat keliru. Sebab tanpa adanya keterlibatan masyarakat, orang tua siswa, maka mutu pendidikan itu sangat sulit tercapai dengan baik,” tandasya.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply