Pertanian Adalah Sektor Utama

banner 468x60)

Pertanian Adalah Sektor Utama

Masambanews. Lutra, – Sektor Pertanian adalah salah satu andalan Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang(Luwu Utara), selain Sektor Pendidikan dan Kesehatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Kabupaten Luwu Utara Ir Armiady M.Si, setiap kali pertemuan dengan masyarakat bersama Penyuluh Pertanian Lapangan(PPL), selalu mengatakan, jika ingin daerah kita ini cepat maju, harus punya pondasi atau landasan yang kuat.

Apa landasannya? Armiady menjelaskan pada media online masambanews.com,23/4/2018 yakni, landasan atau pondasinya adalah melalui perbaikan disektor pertanian, khususnya pada agribisnis dimatangkan dan kelompok-kelompok diaktifkan seperti Kelompok Wanita Tani(KWT).

” Karena daerah ini 80 persen penduduknya bergerak di bidang pertanian dan perkebunan sebagai pondasi untuk maju, sejahtera dan mandiri,” jelasnya.

Berbicara Agribisnis perdesaan, menurut Kadis DKP, ada lima komponen yang ada didalamnya yakni, tehknologi pertanian, pemasarannya, peningkatan sumber daya petani melalui wadah Kelompok tani dan kelook wanita tani, serta meningkatkan kualitas komoditas pertanian. Selain landasan agribisnis tersebut, landasan lainnya juga tidak kalah pentingnya adalah penguatan ekonomi rakyat.

” Kondisi obyektif Bumi Lamaranginang ini yang biasa dikenal juga daerah,” Indonesia Mini”, tidak punya industri, maka yang harus kita perkuat selain agribisnis, adalah basis ekonomi rakyat,” jelas Armiady mantan Kadis Pertanian ini. (yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply