Dua Tahun Lagi Bandara Buntu Kunik Beroperasi

banner 468x60)

Dua Tahun Lagi Bandara Buntu Kunik Beroperasi

Masambanews. Tator, – Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Wahju Satrio Utomo secara khusus mengunjungi Tana Toraja dalam rangka memastikan jika Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja beroperasi tahun 2020.

Pasalnya bandara baru yang bakal hadir di Tana Toraja ini sebelumnya banyak menuai polemik, bahkan dikabarkan jika Bandara tersebut batal diadakan.

Dirumah Jabatan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae. Irjen Kemenhub, Wahju Satrio mengaku jika diirinya diutus Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dimana ia secara khusus diminta untuk mengawal ketat proyek pembangunan Bandar Udara di Kecamatan Mengkendek tersebut.

“Saya hadir disini (Toraja), jelas ditugaskan Pak Menteri. Dalam hal ini memastikan proyek pembangunan Bandara Buntu Kunik ini sejauh mana”kata Wahju, Irjen Kemenhub bergelar Doktor tersebut. Jumat 20 April 2018.

Irjen Kemenhub RI, Wahju mengatakan pihak Pemerintah Kabupaten telah melaporkan hasil dari penegerjaan proyek ini, Ia pun bertemu dan menyampaikan progres dari PPK nya, Kepala Bandara hingga kepada kontraktornya.

“Kita kawal ketat dari proyek pembangunan ini, ada Kontraktornya, Kepala Bandara dan PPK nya. Dari situ kita lihat nanti bagaimana selanjutnya karena anggaran tersebut sangat besar,” ujar Wahju.

Ia menambahkan jika ada beberapa koreksi dan mendengarkan pandangan dari beberapa pihak sehingga Bandara ini bisa dipercepat pengerjaannya dan dipastikan harus lancar.

“Jelas kita berharap jika adanya bandara ini nanti pemerintah setempat mengembangkan potensi yang ada diwilyahnya. Kemudian sesuai laporan dari Kepala Bandara maupun kontraktor sampai saat ini belum ada kendala-kendala yang di hadapinya. Nah ini kita berharap agar pembangunan bandara tidak ada hambatan-hambatan, dan saya akan terus mengawal ini”kata Wahju.

Target pengerjaan Bandara Buntu Kunik ini ditegaskan Irjen Kemenhub RI, Wahju stahun depan 2019 sudah selesai. Dan ia berharap tahun 2020 sudah bisa beroperasi dan masyarakat bisa menikmati penerbangan di Bandara terebut. Dimana anggaran yang telah dikucurkan tahun 2016 senilai, Rp 60 Milliar dan Tahun 2017 dianggarkan Rp 200 Milliar yang diusulkan Kepala Bandara.

Sementara itu Wakil Bupati, Victor Datuan Batara mengatakan jika dalam waktu dekat segera menyelesaikan pembangunan fisiknya, ia menambahkan jika slalu optimis jika pembangunan Bandara Buntu Kunik ini bisa terselesaikan.

“Kita optimis jika bandara tersebut bisa beroperasi dan masyarakat bakal menikmati transportasi udara yang baru di Toraja”kata Victor.(and/yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply